19 Januari 2018
Home / News / Sains & Teknologi / NASA perkenalkan truk penjelajah Planet Mars

NASA perkenalkan truk penjelajah Planet Mars

Truk yang diperkenalkan NASA sebagai transportasi di PLanet Mars. (Kredit Foto: Parker Brothers Concepts)

Florida (RiauNews.com) – Badan Antariksa Ameriksa Seikat (NASA) memperkenalkan kendaraan segala medan untuk kendaraan para astronot dalam menyelidiki planet merah, Mars.

Tampangnya seperti truk futuristik dari film Prometheus Ridley Scott, konsep kendaraan roda enam raksasa itu diresmikan di Nasa Kennedy Space Center Visitor Complex minggu ini.

Seluruhnya bodi dan rangka terbuat dari serat karbon dan aluminium, bertenaga listrik dari matahari dengan ukuran panjang 8,5 meter dan lebar 4 meter, serta dirancang untuk menampung empat astronot. Bahkan laboratoriumnya sendiri bisa dilepas, untuk penelitian lapangan di luar bumi.

Sebelumnya NASA telah memiliki dua robot ‘rover’ di Mars namun badan antariksa tersebut telah bersumpah untuk memulai koloni manusia di Mars pada 2030-an, sehingga kedepannya ada kebutuhan transportasi.

Rover baru ini dirancang oleh Parker Brothers Concepts yang berbasis di AS dengan menggunakan spesifikasi yang diberikan oleh NASA.

Truk tersebut bisa dipisahkan bagian tengah dengan area depan yang dirancang untuk dipandu dan dilengkapi dengan radio dan navigasi yang disediakan oleh GPS. Sementara bagian belakang berfungsi sebagai laboratorium yang bisa diputuskan sepenuhnya untuk penelitian otonom.

Perancang Marc Parker, mengatakan, rover tersebut bisa mencapai kecepatan tertinggi hingga 70 mil perjam (mpj), namun dibangun untuk mengatasi lingkungan Mars yang berbatu, dan diperkirakan akan bergerak sepanjang sekitar 15 mpj.

“Bagian belakangnya adalah laboratorium penuh, area depannya adalah kokpit untuk keluar dan melakukan pemanduan. Bagian lab benar-benar bisa memutuskan dan ditinggalkan sendiri untuk melakukan penelitian otonom. Dengan begitu kendaraan pramuka bisa keluar untuk melakukan fungsinya tanpa konsumsi bahan bakar dan bobot ekstra, lalu kembali lagi nanti,” Parker menjelaskan.

Truk ini dibangun sebagai bagian dari program edukasi untuk menginspirasi masyarakat tentang eksplorasi antariksa, namun NASA mengatakan bahwa pihaknya ingin menggabungkan rancangannya di masa mendatang.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: