22 Agustus 2018
Home / News / Sains & Teknologi / Ini cara Facebook mengetahui seseorang Yahudi atau bukan

Ini cara Facebook mengetahui seseorang Yahudi atau bukan

California (RiauNews.com) – Beberapa pengguna Facebook sedikit terkejut mendapatkan ucapan selamat tahun baru “Rosh Hasanah” dari media sosial terbesar tersebut di akun mereka.

Rosh Hasanah adalah tahun baru bagi kaum Yahudi, dan dimulai sejak Rabu (20/9/2017) lalu. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana Facebook mengetahui agama apa yang dianut seseorang meski tak mencantumkannya di akun mereka?



Seperti di lansir CNN, kebanyakan pesan dari media ciptaan Mark Zuckenberg tersebut tepat sasaran, meski ada beberapa yang tidak.

Mauricio Sadicoff, seorang insinyur perangkat lunak Yahudi yang tinggal di Illinois, juga menerima pesan tersebut, terlepas dari kenyataan bahwa profilnya tidak mencantumkan agama.

“Saya telah diposting tentang Chanukah di tahun-tahun sebelumnya, jadi mungkinkah itu (yang menjadi dasar oleh Facebook)?” tanyanya.

Sebenarnya hal ini tidak mengherankan, raksasa media sosial tersebut mengumpulkan data tentang penggunanya dengan berbagai cara.

Jika Anda pernah mengklik iklan – untuk pengecer atau perancang busana – atau mengeposkan pembaruan tentang topik politik, acara yang sedang Anda tonton atau liburan, perusahaan menyimpan data tersebut ke dalam halaman preferensi iklan Anda.

Informasi itu dikategorikan untuk “membantu pengiklan menjangkau orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk, layanan, dan penyebabnya,” ucap Facebook di halaman “Syaran dan kondisi iklan”.

Selain menggunakan informasi yang diberikan orang di Facebook, perusahaan juga mengatakan bahwa mereka melacak “aktivitas lain”.

Kategori yang tercantum di akun pengguna bisa menjadi sangat spesifik, seperti “teman dekat,” “kondisi jauh dari keluarga,” dan “kembali dari perjalanan seminggu yang lalu.”

Jadi jangan heran bila anda mendapatkan ucapan selamat atas sesuatu yang rasanya tidak anda sampaikan pada Facebook.***

Satu komentar

  1. Saya ingin Facebook orang menjadi milik saya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: