23 Januari 2018
Home / News / Sains & Teknologi / Google hapus UC Browser dan Play Store

Google hapus UC Browser dan Play Store


California (RiauNews.com) – Tanpa peringatan sebelumnya, Google menghapus UC Browser dari Play Store, sehingga tak lagi bisa diunduh oleh pengguna gadget berbasis Android.

Tidak ada pernyataan mengapa aplikasi ini dihapus, namun teori yang muncul di Reddit adalah bahwa iklan redirect berbahaya yang disampaikan oleh afiliasi UC Web untuk mendorong pemasangan (install) memaksa Google untuk mengambil tindakan dan menghapus peramban itu.

Sebuah email yang diterima oleh pendiri Android Police, Artem Russakovskii, dari UC Union (jaringan afiliasi UC Web) memperkuat teori ini.



“Mitra yang terhormat, dengan ini kami menekankan lagi bahwa UC Union melarang setiap dan semua metode periklanan yang menyesatkan/jahat untuk mendapatkan pengguna baru saat mempromosikan kampanye UC Browser, seperti dengan menggunakan semboyan yang tidak sesuai dengan fungsi Produk, atau dengan menggunakan slogan induktif,” kata pernyataan tersebtu dikutip laman Tempo.

UC Browser merupakan peramban milik Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar di Cina. Selain di negeri Tirai Bambu, UC Browser juga sangat populer di India, di mana secara singkat menyalip Chrome untuk menjadi browser web mobile yang paling banyak digunakan di negara ini awal tahun ini.

Peramban ini memiliki pengguna 420 juta secara global dan berhasil mengumpulkan 500 juta unduhan di Play Store bulan lalu di mana lebih dari 100 juta berasal dari India.

Sebuah artikel di Times of India pada bulan Agustus menyarankan pemerintah India untuk melarang peramban itu, karena diduga mengirimkan informasi pengguna ke Cina.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: