20 September 2018
Home / News / Sains & Teknologi / Apple sengaja rilis iOS 11 untuk memperlambat kinerja iPhone seri lama

Apple sengaja rilis iOS 11 untuk memperlambat kinerja iPhone seri lama

California (RiauNews.com) – Jika sebuah perusahaan teknologi biasa mengupgrade software untuk mempercepat kinerja hardware, maka tidak demikian dengan Apple.

Perusahaan pembuat smartphone dengan merek dagang iPhone dan menggunakan sistem operasi ekslusif, iOS, ini malah merilis upgrade yang sengaja dirancang agar iPhone seri lama kinerjanya lebih lambat. Dengan alasan untuk menjaga kualitas baterai lithium ion yang menua.

Beberapa iPhone yang dimaksud ialah iPhone 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, dan SE. Penurunan kinerja tersebut melalui pembaruan sistem operasi iOS 11 yang dirilis belum lama ini.



Pengakuan ini membuat dua pengguna iPhone asal California, Amerika Serikat, melayangkan gugatan kepada pengadilan. Kedua orang tersebut bernama Stefan Bogdanovich dan Dakota Speas.

“Mestinya Apple memberitahukan ini sebelum merilis iOS 11. Tentu kami sangat kecewa atas tindakan bodoh Apple,” kata Speas, seperti dilansir laman CNBC, Ahad (24/12/2017).

Meski belum menanggapi soal gugatan tersebut, tapi Apple menjelaskan upaya penurunan kinerja adalah pilihan terbaik demi pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam keterangan resmi, Apple menyatakan baterai lithium ion lama tidak bisa mendukung suplai daya dalam kondisi dingin.

Masalah baterai sebetulnya sudah mencuat sejak iPhone 6s dirilis. Pada 2016, baterai iPhone 6s diketahui memiliki bugs yang bisa membuat ponsel mati meski masih memiliki daya 50 persen. Meski begitu, Apple menjamin tidak akan ada insiden ledakan seperti yang terjadi pada Samsung Galaxy Note 7.*** (Tempo)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: