18 November 2018
Home / News / Politik / TKN tantang Bawasu memproses hukum iklan Jokowi di media cetak

TKN tantang Bawasu memproses hukum iklan Jokowi di media cetak

Raja Juli Antoni.

Jakarta (RiauNews.com) – Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) Raja Juli Antoni mengatakan, pihaknya mempersilakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusut temuan iklan yang ada di salah satu media cetak nasional.

“Silakan proses hukum di Bawaslu. Kami siap mengklarifikasi hal tersebut. Kami tunggu (prosesnya),” ujar Raja Juli saat dijumpai wartawan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018).



Dia pun membenarkan jika TKN bertanggung jawab atas keberadaan iklan yang tayang pada 17 Oktober 2018 itu. Namun, saat disinggung tentang apakah sudah ada pemberhentian penayangan iklan itu, Raja Juli belum dapat memastikan.

“Soal itu saya belum tahu. Saya harus cek siapa penanggung jawab pemasangan iklannya, berapa kali dipasang, dan sebagainya,” ungkap pria yang juga Sekjen PSI ini.

Lebih lanjut, Raja Juli menyebut kasus iklan ini sudah dikaji secara hukum oleh tim TKN. Opini hukum untuk menghadapi klarifikasi pun sudah disiapkan.

Iklan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin di media cetak dianggap melanggar aturan kampanye. (Kredit: Jawa Pos)

Selain itu, Raja Juli juga mengklaim jika sebelum pemasangan iklan, materinya sudah dikonsultasikan dengan tim hukum TKN. Karena itu, TKN pun menolak jika iklan untuk donasi tersebut merupakan bentuk kampanye.

“Itu tujuannya bukan kampanye. Iklan tersebut adalah pengumuman resmi dari TKN Jokowi-Ma’ruf. Bagaimana kami bisa sampaikan bahwa pengumuman ini kredibel juga tidak ada nomor dan gambarnya? Tetapi, kami siap untuk memberikan klarifikasi,” kata Raja Juli menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu secara resmi telah menyatakan bahwa iklan yang diduga mengandung unsur kampanye dini di media massa itu sudah dijadikan sebagai temuan.***

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: