13 Desember 2018
Home / News / Politik / Surat suara untuk Pilgubri mulai tiba di Kabupaten/Kota

Surat suara untuk Pilgubri mulai tiba di Kabupaten/Kota


Pekanbaru (RiauNews.com) – Persiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau dalam rangka Pemilihan Gubernur 2018 yang tinggal hitungan hari ini terus berlanjut.

Saat ini sebanyak delapan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau sudah menerima kiriman kotak suara untuk keperluan Pilkada 2018 tersebut dari percetakan di Malang.



“Sisanya ada empat kabupaten lagi yakni Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Dumai akan dikirim dari percetakan 8 Mei mendatang, ” kata Divisi Logistik Keuangan dan Umum KPU Riau Sri Rukmini kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu (6/6/2018).

Sri Rukmini menjelaskan untuk proses pengiriman pihaknya menganut asas prioritas, karena berdasarkan beberapa pertimbangan. Diantaranya letak yang jauh dan banyak pelosok desa.

Lalu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak sehingga pencetakan surat suaranya melebihi dibandingkan daerah lain.

“Misalkan Kota Pekanbaru, memiliki DPT terbesar se-Riau makanya masuk prioritas juga,” ujar Sri.

Sri menyebutkan saat ini surat suara sudah selesai di cetak semuanya oleh pemenang lelang tender suara PT Temprima Sidoarjo Jatim. Lalu tanggal 3 Mei lalu langsung dilakukan pengiriman ke wilayah kabupaten /kota di Riau sesuai prioritas.

“Surat suara sudah tiba di Inhil, Rengat, dan malam ini tiba Pekanbaru juga sebagian kabupaten lainnya besok, ” tuturnya.

Menurut Sri surat suara yang tiba di daerah langsung diterima oleh KPU setempat, untuk dilakukan proses pelipatan dan penyortiran.

“Proses pelipatan dan sortiran hanya empat hari, jika ada yang kurang atau rusak maka segera dilaporkan untuk dilakukan penambahan oleh percetakan,” imbuhnya.

Ia menambahkan untuk pengiriman terakhir surat suara bagi empat kabupaten/kota akan dilakukan 8 Mei diperkirakan tanggal 12 Mei sudah tiba di daerah tersebut.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum antara jumlah surat suara yang dicetak sesuai Daftar Pemilih Tetap Pilgub Riau yakni 3.622.488 juta pemilih, ditambah 2,5 persen per TPS. Terdiri dari 1.840.292 pemilih laki-laki dan perempuan 1.782.196 pemilih.*** (Antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: