Home / News / Politik / Persepsi Publik: Prabowo lebih berwibawa dibanding Jokowi

Persepsi Publik: Prabowo lebih berwibawa dibanding Jokowi

Dua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersalaman dalam debat kedua yang berlangsung Ahad (17/2/2019) malam. (Foto: VIVA)

Jakarta (RiauNews.com) – Survei Charta Politika yang dirilis Senin (25/3/2019) menyatakan responden menilai Prabowo merupakan capres paling tegas dan berwibawa dengan persentase sebesar 47,0 persen. Sementara Jokowi sebesar 41,4 persen.

Meski kalah soal ketegasan, survei menyebut Jokowi merupakan capres yang paling merakyat, paling toleransi terhadap kaum minoritas (agama/suku), paling mampu memimpin dan mengatasi permasalahan bangsa, serta paling jujur, bisa dipercaya, dan bersih dari korupsi.

Baca: Ini alasan Undecided Voters tak pilih Jokowi

“Untuk Kiai Ma’ruf paling religius dan taat beragama. Lalu untuk Sandi tidak ada yang menonjol,” ujarnya.

“Dan kalau kita lihat ada insentif besar yang berhasil ditunjukkan oleh Kiai Ma’ruf. Ternyata di pertanyaan yang paling membela umat Islam, Kiai Ma’ruf bahkan mengungguli Prabowo dan Jokowi,” ujar Ma’ruf.

Sebelumnya, Charta Politika menyebut elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 53,6 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 35,4 persen. Sebanyak 11 persen belum menentukan pilihan.

Temuan itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 1-9 Maret 2019 melalui wawancara langsung dengan metode kuesioner terstruktur terhadap 2.000 responden di 34 provinsi. Survei tersebut diklaim menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.***[CNN]

Komentar
%d blogger menyukai ini: