Home / News / Politik / Pemilu di Malaysia diwarnai kekacauan

Pemilu di Malaysia diwarnai kekacauan

Warga yang sudeh mencoblos diharuskan mencelupkan salah satu jarinya ke tinta yang sudah disediakan.

Kualalumpur (RiauNews.com) – Pelaksanaan pemilu 2019 yang digelar di Malaysia hari ini, Ahad (14/4/2019) diwarnai kekacauan. Berdasarkan laporan reporter CNN Indonesia TV yang berada di Kuala Lumpur, kekacauan terjadi karena hanya tiga Tempat pemungutan Suara (TPS) yang dibuka Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.

Ketiga TPS itu yakni di KBRI Kuala Lumpur Tun Razak, Wisma Duta di Jalan U Thant, dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur di Jalan Tun Ismail.

Akibatnya jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia yang akan memberikan hak pilih pun membludak di tiga lokasi TPS tersebut.

Baca: KPU-Bawaslu tak diizinkan Polisi Malaysia periksa surat suara tercoblos

“TPS yang dibuka hanya tiga lokasi, sehingga semua menumpuk dan menjadi permasalahan di sini, untuk memastikan WNI dapat memberikan hak suaranya,” ujar reporter CNN Indonesia TV Mumtaza.

Dikutip dari Antara, PPLN Kuala Lumpur awalnya membuka 225 TPS di sejumlah titik yang berada di Kuala Lumpur. Namun satu hari menjelang pemilihan, TPS hanya dibuka di tiga tempat.

Menurut KPU, pembukaan TPS hanya diizinkan di kantor perwakilan RI.

Baca: Bawaslu sudah cium tanda-tanda aneh dari Panitia Pemilihan di Malaysia

TPS sendiri telah dibuka sejak pukul 08.00 waktu setempat hingga pukul 18.00 sesuai peraturan yang ditetapkan KPU.

Pelaksanaan pemilu di tiga TPS itu mendapat bantuan pengamanan dari Polisi Diraja Malaysia atas permohonan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Sejumlah petugas interpol Mabes Polri juga diterjunkan untuk membantu kelancaran Pemilu 2019 di tiga TPS.

Pemungutan suara di luar negeri diketahui dilaksanakan lebih awal yakni pada 8 hingga 14 April 2019. Meski demikian proses penghitungan suara tetap dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan di Indonesia yakni pada 17 April mendatang.

Total terdapat 2.058.191 pemilih luar negeri yang akan menggunakan suaranya di Pemilu 2019. Malaysia menjadi negara dengan pemilih WNI di luar negeri terbanyak dengan jumlah 558.873 orang.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: