24 Oktober 2018
Home / News / Politik / Pemilihan “Simojo” sebagai maskot pilkada Riau melibatkan budayawan

Pemilihan “Simojo” sebagai maskot pilkada Riau melibatkan budayawan

Peluncuran “Simojo” maskot Pilkada Riau 2018.

Pekanbaru (RiauNews.com) – “Simojo”, nama maskot yang dipilih Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau untuk helatan Pemilihan Kepala Daerah 2018 mendatang, diakui terinspirasi dari makanan khas riau, bolu kemojo.

Dijelaskan Ketua KPU Riau Nurhamin, pemilihan maskot ini setelah melalui proses seleksi yang diselenggarakan lewat sayembara yang diadakan sebelumnya.



“Melalui proses diskusi tim juri yang melibatkan budayawan Riau ini, menjatuhkan pilihan pada “Simojo” sebagai pemenang dan sekaligus model dari maskot KPU,” jelasnya.

Seperti diketahui, pada Sabtu (30/9/2017) lalu, telah dilakukan launching maskot Pilkada Riau 2018 di Hotel Labersa, Siak Hulu, Kampar. Saat itu “Simojo” dimunculkan dalam bentuk boneka berukuran cukup besar. Wajah yang berbentuk bolu kemojo diberikan mata yang melotot dan khas warnanya hijau ke kuning-kuningan menambah uniknya boneka maskot itu.

Sementara untuk logo Pilkada, kali ini berbentuk kapal lancang kuning di atas kotak suara, kemudian di bawah kapal tersebut terdapat ombak, yang diibaratkan sebagai gelombang atau liku dalam jalannya pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.

“Kapal tersebut melambangkan teraju atau kemudi kita untuk memilih,” imbuhnya.

Sedangkan mottonya adalah berpantun, bersih, partisipatif adil dan santun. Kemudian jinggelnya adalah Ayo Memilih.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: