Home / News / Politik / KPU minta masyarakat lapor jJika ada salah input data, bukan diviralkan

KPU minta masyarakat lapor jJika ada salah input data, bukan diviralkan

Komisioner KPU RI Ilham Saputra.

Jakarta (RiauNews.com) – Masyarakat di seluruh Tanah Air diminta untuk terus memantau Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum.

Anggota KPU RI Ilham Saputra mengatakan, masyarakat dipersilahkan untuk segera melapor jika ada ketidaksesuaian antara angka di Situng dengan C1 yang dipegang masyarakat. Hal itu menurutnya lebih baik daripada memviralkan kesalahan lalu menganggap KPU curang.

“Silahkan laporkan kepada kami. Tapi tidak dengan cara kemudian memviralkan dan menganggap buat meme-meme KPU curang, tidak ada sama sekali seperti itu, jadi sekali lagi ini human error dan sudah diperbaiki,” katanya di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Baca: Yakin benar, LSI siap disanksi jika hitung cepat mereka meleset

KPU juga menekankan masyarakat harus sadar bahwa rekapitulasi berjenjang yakni rekapitulasi dari TPS ke Kecamatan, dan Kabupaten, Provinsi lalu dilanjut rekapitulasi di KPU RI adalah hasil resmi Pemilu 2019.

“Kedua sekali lagi kita sampaikan rekapitulasi yang berjenjang akan digunakan sebagai hasil resmi dari Pemilu 2019,” paparnya.

Oleh karenanya itu, kata dia, Situng hanyalah bentuk informasi kepada masyarakat bentuk transparansi KPU sebagai institusi penyelenggara pemilu pada masyarakat.

Baca: KPU akui salah input

“Ini loh C-1 yang kemudian muncul di TPS-TPS, bahkan UU mengamanatkan, C-1 itu ditempel di mana orang bisa mengaksesnya, ya jadi sekali lagi bahwa ini bukan kesengajaan ini hanya human error belaka, dan kemudian sudah kami perbaiki, kami sedang terus berupaya memperbaiki, yakan tinggal di-unlock kemudian di perbaiki, toh C-1nya kita pegang, bukan entry-nya,” paparnya.

Ilham menekankan kembali agar masyarakat menyudahi dugaan buruk kepada KPU sebagai lembaga independent yang melakukan kecurangan. Dengan hal ini KPU juga akan membuka kontak laporan, sehingga masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan KPU.

Baca: BPN merasa aneh, salah input hanya pada suara Prabowo-Sandi

“Jadi sekali lagi bahwa tolong kepada masyarakat, kalau mau perbaiki silangkan, kontak kami, kami akan membuat semacam kontak laporan ya, entah itu dalam bentuk WA kemudian telpon, sebetulnya telpn 24 jam sudah ada, sudah kita sampaikan kepada masyarakat, tapi jangan kemudian memberikan informasi sekaan akan KPU curang, KPU melakukan ini secara sistematis, tidak ada sama sekali,” tandasnya. ***[RMOL]

Komentar
%d blogger menyukai ini: