Home / News / Politik / Hari pertama kampanye terbuka: Jokowi di Serang, Prabowo pilih Manado

Hari pertama kampanye terbuka: Jokowi di Serang, Prabowo pilih Manado

Jokowi saat berkampanye di Surabaya diberi gelar “cak” dan “jancok”. (Kredit: Detik.com)

Jakarta (RiauNews.com) – Rapat umum atau kampanye terbuka Pilpres 2019 dimulai hari ini, Ahad (24/3/2019). Capres nomor urut 01 Joko Widodo pun berkampanye di Serang, Banten, sementara capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar acara di Manado, Sulawesi Utara.

Di Serang, Jokowi akan ditemani oleh cawapresnya, Ma’ruf Amin.

“Besok kita akan mengadakan kampanye di Banten, tepatnya di Ciceri,” ucap Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir di Posko TKN Cemara , Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

Usai Banten, TKN akan menghelat kampanye terbuka di Banyuwangi dan Jember, Jawa Timur pada Senin (25/3). Kampanye terbuka dilanjutkan pada malam harinya di Malang, Jawa Timur.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menyebut pihaknya bakal melibatkan 5.320 juru kampanye nasional selama masa kampanye terbuka. Jurkamnas tersebut berasal dari berbagai golongan. Mulai dari pimpinan parpol koalisi, ulama, serta sejumlah menteri yang merupakan kader parpol.

Menteri yang dimaksud antara lain Menko PMK Puan Maharani (PDIP), Menaker Hanif Dhakiri (PKB), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (Nasdem), serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung (PDIP).

“Menteri-menteri yang tidak PNS, yang dari partai, nanti akan ajukan cuti,” ujar Hasto di Posko Cemara, Jakarta, Sabtu (23/3).

Terpisah, Prabowo Subianto diagendakan melaksanakan kampanye terbuka yang perdana di dua kota di Sulawesi.

Merujuk dari agenda kegiatan yang dipublikasikan, Prabowo akan berkampanye di Lapangan Kelurahan Ternate Baru, Manado, Sulawesi Utara. Dia akan menemui masyarakat setempat pada pukul 10.00 WITA.

Setelah itu, Prabowo bertolak ke Makassar, Sulawesi Selatan. Dia akan kampanye terbuka di Lapangan Karebosi pada pukul 13.00 WITA.

Tak seperti Jokowi yang didampingi Ma’ruf Amin, Prabowo melaksanakan kampanye terbuka perdana tanpa ditemani Sandiaga Uno. Sandi diagendakan menghadiri suatu acara di Sragen, Jawa Tengah.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal kampanye rapat umum atau terbuka selama 24 Maret hingga 13 April. Setelah itu, masa tenang berlangsung hingga hari pencoblosan pada 17 April. ***

Komentar
%d blogger menyukai ini: