Home / News / Politik / APK rusak bukan tanggung jawab KPU

APK rusak bukan tanggung jawab KPU

Alat peraga kampanye yang dipasang KPU Riau untuk Pilgubri 2018.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang terpasang di berbagai sudut jalan, hingga bulan kedua kampanye mulai banyak yang rusak atau hilang. Hal ini bisa mengakibatkan sosialisasi terhadap pasangan calon yang ada otomatis akan menjadi berkurang.

Terhadap masalah ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan pihaknya tidak bisa melakukan penggantian APK tersebut.



“KPU hanya melakukan pengadaan melalui pihak ketiga, setelah itu diserahkan kepada Paslon. Jika ada hilang dan rusak, maka tidak lagi tanggungjawab KPU,” kata komisioner KPU Inhu Friyono yang dikutip Riaunews.com dari Media Center.

Namun, tim pasangan calon (paslon) bisa melakukan penggantian APK yang rusak atau hilang tersebut, karena memang ada hak paslon untuk mencetak dengan jumlah 150 persen dari APK yang diadakan oleh KPU.

Baca: DPS Pilgubri capai 3.676.326 orang

“Namun APK pengganti atau tambahan harus menggunakan desain yang sama dengan APK awalnya. Sama halnya dengan bahan kampanye lain berupa poster, brosur atau lainnya,” tambah Friyono.

Pernyataan Friyono tersebut diamini Ketua Panwaslu Inhu, Akhmad Khairudin yang menyatakan bahwa pergantian APK tersebut bisa dilakukan, tetapi sudah menjadi tanggungjawab tim pasangan calon, karena sebelumnya sudah diberikan tanggungjawab tersebut kepada tim oleh KPU.

“Silahkan dilakukan pergantian tetapi laporkan kepada Panwaslu dan KPU Inhu,” tegas ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: