21 Agustus 2018
Home / News / Nasional / Warga ikut panik saat kapal tanker Pertamina terbakar

Warga ikut panik saat kapal tanker Pertamina terbakar

Kebakaran kapal tanker milik Pertamina yang berdekatan dengan Depo penyimpanan minyak. (Kredit: iNews)

Banjarmasin (RiauNews.com) – Kebakaran kapal tanker milik PT Pertamina (Persero) MT Srikandi yang sedang sandar di Dermaga Depo Pertamina Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (25/5/2018) dini hari, cukup membuat warga sekitar panik.

Bagaimana tidak, posisi kapal tanker yang bermuatan 4.000 kilo liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar tersebut jaraknya cukup dekat dengan tanki penyimpanan minyak Pertamina.



Api menyebar dengan cepat setelah tumpahan minyak terbawa aliran sungai. Sungai tiba-tiba penuh dengan api hingga radius ratusan meter dari dan langsung menyambar dua kapal dan sebuah SPBU terapung.

Sementara kepanikan juga terjadi di sekitar tempat kejadian Perkara (TKP). Warga RT 36 Kelurahan Kuin Cerucuk, Banjarmasin, yang berjarak 100 meter dari lokasi kapal terbakar. Mereka keluar dari rumah dan berupaya menyelamatkan diri.

Namun berkat aksi heroik dan kesigapan petugas pemadam kebakaran yang didukung puluhan armada damkar, api dapat dijinakkan setelah berjibaku selama 2 jam 30 menit, meski sempat kesulitan dan dihantui rasa takut terjadi ledakan.

Sementara itu 18 kru Kapal Tanker yang terdiri atas 16 ABK dan 2 pengawal, serta seorang surveyor selamat dalam insiden tersebut. Mereka kemudian dibawa ke Markas Polair Polresta Banjarmasin. Sebagian besar kondisinya masih terguncang. Sementara penyebab kebakaran saat ini masih diselidiki aparat kepolisian.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: