19 Januari 2018
Home / News / Nasional / Tahanan di Rutan Mako Brimob ribut, ini kronologisnya

Tahanan di Rutan Mako Brimob ribut, ini kronologisnya

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Rikwanto.

Jakarta (RiauNewws.com) – Pada Jumat (10/11/2017) sore sekitar pukul 16.00 WIB, terjadi keributan di rumah tahanan (rutan) Mako Brimob Polri cabang Salemba, Jakarta Pusat.

Sejumlah fasilitas yang ada di tempat tersebut, seperti kaca jendela di Blok B dan C hancur, pintu sel dan pintu pagar lorong blok tersebut juga jebol.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rikwanto, melalui keterangan tertulis yang dikirimkan ke media mengkonfirmasi kejadian yang ada di rutan khusus para tahanan terorisme tersebut.



Setelah shalat Jumat, para tahanan diminta kembali ke sel masing-masing. Setelah masuk sel, petugas piket dari detasemen khusus melepas kunci yang ada di kamar A.5 dan C 5 (RB) karena ada selotan kunci dari dalam, demi keamanan dan memudahkan petugas piket membuka pintu sel.

Sambil melaksanakan giat tersebut, petugas densus menggeledah kamar dan menemukan empat buah telepon seluler milik tahanan bernama Juhanda, Saulihun, Kairul Anam, dan Jumali.

“Bahwa benar dengan kegiatan pemeriksaan tersebut salah satu tahanan ada yang tidak terima dan mancing – mancing petugas dengan ucapan macam macam, kemudian anggota ada yang terpancing ucapan mereka, dan ada tahanan yang sambil takbir keras – keras sehingga memancing tahanan blok sebelahnya,” kata Rikwanto.

Anggota piket dari Satuan III Pelopor melakukan tindakan dengan tembakan ke atas sebagai tanda terjadi chaos dan memberikan peringatan kepada para narapidana

Suasana mulai bisa dikenalikan. Tetapi, para tahanan masih tetap masih meneriakkan takbir sehingga memicu reaksi tahanan lain.

Saat ini, anggota densus masih berjaga-jaga di lokasi.

“Langkah langkah yang diambil oleh AKP Ahmat selaku Kaur Wartah adalah berkoordinasi dengan rekan Brimob untuk back up pam rutan Salemba,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: