14 Desember 2018
Home / News / Nasional / Sistem penerimaan CPNS 2018 sedang dievaluasi

Sistem penerimaan CPNS 2018 sedang dievaluasi

Tes CPNS berbasis online.

Jakarta (RiauNews.com) – Pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 mendatang, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan terkait proses yang berlangsung selama ini.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaat menyebut evaluasi itu menyangkut berbagai aspek, seperti sistem penerimaan, soal-soal, hingga persyaratan yang lebih transparansi.



“Kami terus lakukan evaluasi. Jangan sampai, sistem yang ada nanti malah mengeliminasi pendaftar yang sebenarnya adalah calon yang terbaik,” kata Setiawan, Kamis (14/12/2017), yang dilansir Republika.

Dia menyatakan, untuk pembenahan integritas pemerintah juga telah mengubah sistem penerimaan CPNS melalui sistem online. Hal tersebut, dinilai bisa menekan penyalahgunaan atau permainan belakang yang kerap terjadi dalam proses penerimaan CPNS.

“Lalu dalam bentuk tes juga kami desain lebih ketat, jadi tidak ada lagi yang bisa menjanjikan kelulusan. Artinya, semua hasil yang mereka (peserta) dapat adalah hasil kerja keras mereka sendiri,” jelas Setiawan.

Begitupun halnya, kata dia, dengan proses dan mekanisme kenaikan tingkat jabatan pada institusi pemerintah. KemenPAN-RB akan terus mendorong agar semua instansi pemerintah melakukan proses tersebut, secara transparansi dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

“Jadi transparansi itu kami harapkan bisa menekan main belakang itu, sehingga orang yang menduduki jabatan tinggi pemerintahan memang orang yang berintegritas,” tuturnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: