22 September 2018
Home / News / Nasional / Saluran televisi Rusia berhenti mengudara di Washington

Saluran televisi Rusia berhenti mengudara di Washington

Jaringan televisi yang dibiayai pemerintah Rusia, RT. (Kredit: The Moscow Times)

Washington (RiauNews.com) – Panasnya hubungan antara Amerika Serikat dengan Rusia, kini mulai merembet ke berbagai hal, termasuk soal saluran televisi. Selama bertahun-tahun, jaringan televisi Rusia yang didanai negara, RT (Russia Today), telah menyiarkan program berita berbahasa Inggrisnya melalui gelombang udara di wilayah Washington.

Pada awal Februari, slot frekuensi di udara diambil alih oleh stasiun TV Virginia utara, namun RT tetap berada di area saluran kabel, Akan tetapi sejak Ahad (1/4/2018) chanel di saluran kabel pun dihentikan secara permanen.



Pihak RT menyalahkan hilangnya siaran mereka karena harus mendaftar sebagai agen asing di Departemen Kehakiman.

“Meskipun kami tidak bebas untuk mengungkapkan rinciannya, kami tahu bahwa keputusan ini terkait dengan pendaftaran paksa RT sebagai ‘agen asing’ di AS,” ujar wakil ketua redaksi RT, Anna Belkina, kepada The Associated Press di email pekan lalu.

Sementara itu, juru bicara Departemen Kehakiman, Ian D Prior menolak mengomentari klaim RT terkait status saluran tersebut sebagai agen asing.

Banyak yang menganggap RT sebagai cabang propaganda pemerintah Rusia. Hilangnya siaran wilayah Washington telah menjadi babak terakhir dalam perseteruan yang sedang berlangsung antara jaringan dan pemerintah AS.

Undang-undang Pendaftaran Agen Asing berlaku untuk perusahaan yang menyebarkan informasi atas nama pemerintah asing. Undang-undang tidak membatasi konten RT. Tetapi RT harus mengungkapkan secara terbuka detail tentang pendanaannya dan melabeli konten tertentu yang didistribusikan di AS.

Ketua editor RT, Margarita Simonyan mengatakan kepada AP pada Januari bahwa RT adalah organisasi berita yang sah. Ini sebanding dengan BBC yang didukung pemerintah Inggris atau Voice of America yang didanai AS.

Tetapi stasiun televisi dan pemilik frekuensi di mana RT disiarkan menyebut penghentian saluran RT merupakan keputusan bisnis dan bukan pemerintah AS.

Perusahaan stasiun televisi itu, WNVC di Fairfax, ditutup karena frekuensi siarannya telah terjual. Penutupan ini membuat belasan saluran siaran digital yang menawarkan program internasional ditarik. Saluran itu juga ditransmisikan oleh penyedia kabel di wilayah itu.

WNVC dimiliki oleh MHz Networks. Presiden Frederick Thomas mengatakan pekan lalu bahwa pemilik sinyal siaran telah meminta Jaringan MHz untuk menghapus RT dari udara pada 1 Februari.

“Aku tidak pernah diberi jawaban terkait alasannya. Mereka hanya menggunakan hak mereka,” kata Thomas.*** (Republika)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: