19 Januari 2018
Home / News / Nasional / Ridwan Kamil kecewa, Maung Bandung malah seperti anjing laut

Ridwan Kamil kecewa, Maung Bandung malah seperti anjing laut

Maung Cisewu sebelum dan sesudah diperbaiki.

Bandung (RiauNews.com) – Masih ingat dengan patung Maung Cisewu yang terletak di Markas Komando Distrik Militer 0611 Koramil 1123 Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu? Patung harimau yang berwajah lucu itu membuat heboh netizen, sehingga banyak meme yang menggunakan patung tersebut dibuat. Sampai-sampai ada vendor seluler yang menggunakan karakter tersebut dalam iklan televisi.

Nah, kali ini Jawa Barat kembali memiliki maung (harimau) bertampang lucu.



Bertempat di Jalan Cihampelas-Wastukancana, rencana Pemkot Bandung yang hendak membuat monumen tugu Maung Bandung sedikit berantakan. Alih-alih bertampang garang dan gagah, empat maung yang mengarah ke empat penjuru mata angin tersebut malah lebih mirip anjing laut dengan badan seperti beruang kutub, karena berbalut kelir putih.

Bahkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga kecewa dengan penampilan patung Maung Bandung tersebut.

“Itu teh Maung Bandung. Enyak tapi teu bisaeun (senimannya tidak bisa ternyata — red). Saya juga enggak happy,” ujar Emil di Pendopo Kota Bandung, Kamis (28/12/2017), sebagaimana dilansir Pikiran Rakyat.

Emil menyebut seharusnya patung Maung Bandung pada tugu tersebut menggambarkan semangat warga Kota Bandung seperti maung yang tergambar di lampu-lampu jalanan. “Tapi malah kayak anjing laut,” ucap Emil sambil tersenyum.

Dosen arsitektur ITB itu mengaku sudah mengkritik seniman yang membuat patung tersebut. Rencananya dalam waktu dekat diperbaiki hingga menyerupai maung pada umumnya. “Itu teh empat Maung Bandung ke empat penjuru mata angin. Menjaga selatan, utara, barat dan timur. Tapi senimannya kurang. Sudah saya kritik (senimannya). Kita perbaiki,” kata dia.

Patung Maung Bandung yang tampangnya seperti anjing laut. (Kredit: Detikcom)

Patung Maung Bandung berada di perempatan Jalan Wastukencana-Cihanpelas. Dari kejauhan, monumen ini memiliki tinggi sekitar 5-7 meter.

Terlihat ada empat patung Maung Bandung berwarna putih di setiap sudut mata angin di monumen tersebut. Selain itu ada juga jam dindingnya. Tetapi, setelah dilihat dari jarak dekat, wajah Maung Bandung terlihat mirip anjing dengan bentuk mulut dan mata yang lucu.

Hanya saja di sisi mulut terdapat kumis tegang seperti maung. Selain itu, jika melihat dari samping, badan maung malah nampak seperti beruang kutub dengan perawakan gempal dan berwarna putih.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: