21 September 2018
Home / News / Nasional / Rachmawati kritik cara Jokowi dekati rakyat dengan bagi-bagi sembako

Rachmawati kritik cara Jokowi dekati rakyat dengan bagi-bagi sembako

Joko Widodo saat membagikan empat ton sembako bagi nelayan di Clincing, Jakarta Utara beberapa waktu lalu. (Kredit: Kompas)

Jakarta (RiauNews.com) – Putri proklamator RI yang satu ini, Rachmawati Soekarnoputri, terkenal kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo. Saat menjadi pembicara utama dalam dialog kebangsaan ‘2019 Presiden Harapan Rakyat’ di Jalan Buncit Raya, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (20/4/2018), Rachmawati kembali mengkritik cara Jokowi merebut hati rakyat.

Menurutnya, program bagi-bagi sembako yang kerap dilakukan Jokowi kepada warga di berbagai tempat sangat mengiris hatinya, karena dilakukan dengan cara dilemparkan.



Tak hanya bagi sembako, putri Bung Karno ini juga mengkritik program bagi-bagi sepeda dan sertifikat tanah Presiden Jokowi. Program bagi-bagi itu menurutnya sebagai bentuk pembodohan rakyat.

Dikutip dari laman Merdeka.com, Rachmawati juga mempertanyakan apakah program bagi-bagi itu dapat dikatakan bentuk kebijakan pemimpin yang pro rakyat.

“Apakah benar pemimpin itu dekat dengan rakyat dan kebijakannya pro dengan rakyat? Apalagi sekarang sudah mulai macam-macam. Dan menurut saya itu membodohi rakyat. Maaf kalo saya mengkritik dan dari dulu saya suka mengkritik kalau ada hal tidak berkesesuaian dan tidak benar itu otomatis saya kritik,” ucapnya.

Jika melihat pemimpin sebelumnya sebagaimana Soekarno, Rachmawati mengatakan hal semacam itu tak pernah dilakukan. Bung Karno justru memberi petunjuk atau arah ke mana kepemimpinan akan berlanjut.

“Saya berkaca dengan kepemimpinan Bung Karno tidak pernah melakukan hal itu. Bung Karno yang selalu memberikan guidance, arah tujuan kemana kepemimpinan itu akan berlanjut. Tujuan apa yang ingin dicapai bangsa ini nanti. Bukan bagi-bagi sembako sementara kita tahu sembako itu impor,” kata dia.

Memang, seperti diketahui Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan kunjungan ke daerah kerap melakukan bagi-bagi hadiah kepada masyarakat, seperti sembako, sepeda bahkan uang tunai. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: