19 Januari 2018
Home / News / Nasional / Presiden namai Pesawat N219 dengan Nurtanio

Presiden namai Pesawat N219 dengan Nurtanio

Pesawat N219.

Jakarta (RiauNews.com) – Pesawat N219 yang merupakan hasil kolaborasi PT Dirgantara Indonesia (DI) dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (10/11/2017).

Bertempat di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Presiden Jokowi menamai pesawat buatan lokal tesebut dengan nama Nurtanio.

“Dengan mengucap Bismillahirraahmanirrahim, saya resmikan Pesawat N219 sebagai Pesawat Nurtanio,” ucap Presiden.



Pemilihan nama Nurtanio ini, menurut Jokowi bukan tanpa dasar.

“Nurtanio adalah pahlawan bangsa yang telah berjuang tanpa pamrih untuk Indonesia. Beliau gugur dalam sebuah penerbangan uji coba,” jelasnya.

Ditambahkan presiden, ada sebuah kalimat dari Nurtanio yang patut kita hayati, ‘Sudah, kita tidak usah ribut-ribut yang penting kerja’.

“Dan, Inilah hasil kerja putra-putri Nurtanio dan akan terus dilanjutkan hingga generasi anak-anak kita nanti,” paparnya.

Dari laman Jawapos.com, Pesawat N219 sudah melakukan uji terbang perdana di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 16 Agustus 2017.

Pesawat yang berkapasitas 19 penumpang ini digerakkan dengan dua mesin turboprop produksi Pratt and Whitney. N219 ini mampu terbang dan mendarat di landasan pendek sehingga mudah beroperasi di daerah terpencil.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: