Home / News / Nasional / POM TNI nyatakan tak ada anggota aktif terlibat kampanye

POM TNI nyatakan tak ada anggota aktif terlibat kampanye

Penjelasan Mabes TNI soal dugaan penggunaan mobil dinas untuk acara salah satu paslon presiden.

Jakarta (RiauNews.com) – Setelah melakukan penyidikan atas kasus dugaan penggunaan mobil TNI dalam acara kampanye relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Bogor, Jawa Barat, POM TNI akhirnya menyita pelat nomor dinas TNI 3005-00 yang sempat membuat heboh tersebut.

“POM TNI melakukan penyitaan pelat nomor dinas TNI 3005-00 yang tidak dilengkapi BNKB (STNK TNI),” demikian keterangan resmi POM TNI, Sabtu (23/3).

TNI juga telah melakukan penyelidikan awal terkait kasus ini dengan melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Hasilnya, tidak ditemukan keterlibatan prajurit TNI aktif dalam kegiatan tersebut.

Baca: Terkait mobil TNI, BPN minta Bawaslu tegas dan jangan tebang pilih

“Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini,” demikian keterangan POM TNI.

Dari penyelidikan TNI menyatakan pemilik mobil Pajero pelat nomor dinas TNI 3005-00 adalah seorang Purnawirawan TNI, pensiun tahun 2001, berinisial RAT.

Hasil penyelidikan menemukan bahwa yang bersangkutan telah mengembalikan mobil dinas saat pensiun. Namun, RAT tetap memegang pelat nomor dinasnya.

Adapun pada hari kejadian, Kamis (21/3) lalu, RAT disebut memerintahkan supirnya berinisial L, membeli nasi bungkus untuk dikirim ke Gedung Pajajaran Bogor.

Baca: Panglima ingin Pamen TNI bisa menduduki jabatan di Kementerian

POM TNI menuturkan awalnya mobil tersebut berangkat dengan menggunakan nomor registrasi sipil. Namun karena macet L berinisiatif mengganti dengan pelat nomor dinas menuju Gedung Pajajaran Bogor.

Mobel Pajero berpelat nomor dinas TNI itu viral di media sosial pada Jumat (22/3) setelah akun media sosial Twitter @natalsetio, mengunggah video yang menampilkan mobil berpelat 3005-00 itu berada di lokasi kampanye relawan Prabowo-Sandi di Bogor.

Dalam video yang diunggahnya, terlihat seorang pria berbaju warna biru tengah menurunkan sejumlah kantong plastik berwarna merah dari bagasi mobil tersebut.***[CNN]

Komentar
%d blogger menyukai ini: