Home / News / Nasional / Kapolri: Bom Surabaya dilakukan oleh JAD dan JAT

Kapolri: Bom Surabaya dilakukan oleh JAD dan JAT

Kapolri Tito Karnavian.

Surabaya (RiauNews.com) – Pelaku pengeboman terhadap tiga gereja di Kota Surabaya, Jawa Timur pada Ahad (13/5/2018) pagi tadi, menurut Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian dilakukan oleh kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid atau (JAT).

Kedua kelompok tersebut, tambah Tito, merupakan pendukung utama ISIS yang ada di Indonesia.



“JAT ini didirikan dan dipimpin oleh Aman Abdurrahman yang sekarang ditahan di Mako Brimob. Kemudian kelompok yang satu keluarga ini terkait dengan sel JAD yang ada di Surabaya. Ini adalah ketuanya Dita ini,” ujar Tito saat ditemui wartawan ketika menjenguk para korban di RS Bhayangkara Surabaya, Jalan Ahmad Yani, Ahad sore.

Tito menjelaskan, untuk di Indonesia ada dua kelompok yang terkait dengan ISIS dan menjadi ancaman. Pertama adalah kelompok JAD dan JAT yang sekarang ini tersebar di beberapa tempat. Kemudian yang kedua adalah mereka yang berangkat ke Syria lalu kemudian kembali ke Indonesia.

Tito menjelaskan jumlah warga megara Indoneaia yang sudah berangkat ke Syria kurang lebih ada 1.100 orang. Dimana 500 lebih diantaranya masih berada di Syria. Selain itu, ada juga sekitar 103 orang yang sudah meninggal dunia di Syria, dan sekitar 500 dideportasi kembali ke Indonsaia.

“Ini yang menjadi tantangan kita karena mereka adalah mindsetnya masih mindset ideologinya ISIS,” kata Tito.

Seperti diberitakan sebelumnya, tercatat 13 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan bom bunuh diri yang menargetkan tiga gereja di Kota Surabaya, pada Ahad pagi.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: