11 Desember 2018
Home / News / Nasional / Kapan tender dan siapa pemenang proyek kartu nikah dipertanyakan

Kapan tender dan siapa pemenang proyek kartu nikah dipertanyakan

Khatibul Umam Wiranu. (Kredit: Kompas)

Jakarta (RiauNews.com) – Ide Kementerian Agama menerbitkan kartu nikah, baik bagi pasangan suami-istri baru maupun yang telah menikah sebelum program ini diluncurkan, masih menjadi polemik.

Menurut Anggota Komisi VIII DPR RI, Khatibul Umam Wiranu, pihaknya mempertanyakan kapan proyek ini ditenderkan dan siapa pemenangnya, sebab ini menyangkut tertib administrasi keuangan negara.



‘’Yang paling sulit lagi adalah bagaimana nanti mempertanggungjawabkan program ini. Sebab, munculnya mendadak dan tidak ada dalam rencana kegiatan anggaran kementerian dan lembaga di APBN. Ini mutlak sebab terkait soal tertib administrasi. Jadi karena bukan program negara, hanya program Kemenag, maka tak usah saja,’’ tegas Katibul, Jumat (16/11/2018).

Yang paling lebih serius, kata dia, DPR belum tahu pasti soal rencana ini karena tiba-tiba ada. DPR juga tak tahu kapan program ini ditenderkan, berapa biaya, dari mana biaya, dan siapa yang memenangkan tender proyek pengadaan karti nikah tersebut.

“Kami yang di Komisi VIII DPR pun tak tahu kenapa tiba-tiba ada soal kartu nikah. Maka wajar banyak pertanyaan dari masyarakat soal ini,” kata Katibul Umam.

Pihaknya mengharapkan Kemenag bisa menjelaskan ini semua pada masyarakat, dan tak bisa hanya dikatakan nanti kalau ada kekurangan maka ini sebenarnya baru program percontohan saja.

“Sebab, harusnya program ini program negara, bukan hanya sekedar program dari Kemenag. Untuk itu tak bisa main-main,” tegasnya***

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: