17 Oktober 2017
Home / News / Nasional / Gunung Sinabung kembali meletus dini hari tadi

Gunung Sinabung kembali meletus dini hari tadi

Guguran awan panas akibat letusan Gunung Sinabung. (Kredit Foto: Antara)

Medan (RiauNews.com) – Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Kamis (12/10/2017) dini hari tadi meletus, namun tak sampai menimbulkan korban jiwa.

Informasi dari Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menyebutkan letusan dengan tinggi kolom abu vulkanik 2.000 meter yang diikuti awan panas guguran dengan jarak luncur 1.500 meter ke arah selatan dan 2.000 meter ke arah timur-tenggara.

“Namun masyarakat sudah terbiasa melihat letusan Gunung Sinabung karena sejak ditetapkan status awas pada 2 Juni 2015 hampir setiap hari terjadi letusan,” katanya.

Seperti diwartakan Antara, sebelumnya pada 11 Oktober pukul 10.51 WIB, gunung api aktif itu juga meletus, menimbulkan kolom abu vulkanik setinggi 1.500 meter, gempa erupsi selama 333 detik, dan hujan abu di beberapa desa sekitar Gunung Sinabung.

Sutopo mengatakan bahwa desa-desa yang masuk dalam zona merah sudah kosong, ribuan warganya sudah mengungsi, sebagian sudah dipindahkan ke area yang lebih aman sementara lain menunggu relokasi.

Ia mengatakan BNPB terus memberikan bantuan kepada pengungsi dan masyarakat sekitar Gunung Sinabung.

Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, dia menjelaskan, masih tinggi serta belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. PVMBG terus melakukan pemantauan secara intensif.***

Baca Juga

Pengemudi angkutan konvensional Aceh tolak yang berbasis online

Banda Aceh (RiauNews.com) – Kehadiran transportasi berbasis online di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, mendapat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *