21 Januari 2018
Home / News / Nasional / Garuda Indonesia siapkan 14 pesawat besar angkut jamaah haji

Garuda Indonesia siapkan 14 pesawat besar angkut jamaah haji

Jakarta (RiauNews.com) – Demi lancarnya pengangkutan jamaah pada musim haji 1438 Hijriah ini, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar, yakni tiga Boeing 747-400, lima Boeing 777-300 ER, dan enam Airbus 330-300.

Armada Garuda ini disesuaikan dengan jumlah jamaah yang lebih banyak dari tahun sebelumnya, setelah pemerintah Arab Saudi kembali memberikan kuota yang dipotong karena adanya pengerjaan perluasan Masjidil Haram dalam beberapa tahun sebelumnya.

“Sebelas di antaranya adalah pesawat sendiri, dan tiga lainnya pesawat sewaan,” kata Pelaksana Harian Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk Hengki Heriandono dalam keterangan persnya, Ahad (30/7/2017).

Selain itu, Garuda Indonesia pada tahun ini juga meningkatkan jumlah awak kabin haji menjadi 558 awak kabin (sebelumnya 442 awak kabin), dimana 57 persen di antaranya merupakan putra-putri daerah.

Pada musim haji tahun ini Garuda Indonesia merekrut awak kabin dari daerah-daerah embarkasi untuk mengatasi kendala komunikasi (bahasa), mengingat sebagian jamaah hanya mampu berbahasa daerah.

“Untuk keamanan dan kenyamanan, Garuda Indonesia mengimbau agar jamaah agar tidak membawa barang-barang berbahaya (dangerous goods) ke pesawat,” kata Hengki.

Barang berbahaya itu, antara lain, kompor minyak, LPG, korek api, senjata tajam, gunting panjang, hair spray atau parfum dalam tabung semprot, dan lain-lain.

Bila membawa barang barang elektronik, maka baterainya juga harus dilepas. Garuda Indonesia juga meminta jamaah agar tidak menerima titipan barang dalam bentuk apa pun dari orang lain untuk dibawa ke dalam pesawat.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: