21 Januari 2018
Home / News / Nasional / Curah hujan tinggi sebabkan longsor di empat titik sepanjang jalan Pasbar-Bukittinggi

Curah hujan tinggi sebabkan longsor di empat titik sepanjang jalan Pasbar-Bukittinggi

Tanah longsor yang menutupi badan jalan.

Lubukbasung (RiauNews.com) – Curah hujan yang cukup lebat pada Jumat (22/12/2017) sore hingga Sabtu (23/12) dini hari, telah mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Muhammad Lutfi, menyebutkan longsoran tanah sepanjang 20 hingga 40 meter telah menimbun jalan provinsi yang ada di kabupaten tersebut.

“Longsor terjadi di jalan provinsi yang menghubungkan Pasaman Barat dengan Bukittinggi. Longsor juga mengakibatkan badan jalan terban,” kata Lutfi, Sabtu.



Longsor pertama terjadi di Pasar Palembayan, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan dengan panjang 30 meter dan tinggi satu meter. Sedangkan longsor kedua terjadi di Lubuk Gadang, Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Palembayan dengan panjang sekitar 20 meter dan tinggi satu meter. “Longsor ini menimbun badan jalan mengakibatkan kendaraan tidak bisa melewati daerah itu,” ujarnya.

Lalu longsor ketiga berada di Sungai Pua, Nagari Sungai Pua, Kecamatan Palembayan mengakibatkan badan jalan terban sepanjang 40 meter.

Selanjutnya longsor keempat berada di Kampuang Tabu, Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan mengakibatkan badan jalan terban sepanjang 20 meter. Untuk membersihkan material longsor, BPBD telah menurunkan personel dan tim reaksi cepat.

Pembersihan material longsor juga melibatkan Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan masyarakat setempat. “Kita juga menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor, agar kendaraan bisa melewati daerah itu,” katanya.*** (Antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: