Home / News / Nasional / Bonita, harimau liar yang mengidap tumor hingga obesitas

Bonita, harimau liar yang mengidap tumor hingga obesitas

Harimau dalam penangkaran. (Kredit: BKSDA)

Jakarta (RiauNews.com) – Harimau Sumatera liar bernama Bonita masih terus menjadi perhatian. Selain telah menghabisi dua nyawa warga, juga perilakunya yang dianggap menyimpang dari “rekan” sesamanya di alam liar, hingga berat badannya yang melebihi normal, sehingga ada yang menilainya obesitas.

Untuk masalah yang disebutkan terakhir, peneliti mamalia dan pengelolaan satwa liar dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Gono Semiadi, punya penilaian sendiri soal kondisi fisik Bonita.



“Saya juga tidak berani menyebutkan apakah betul-betul obesitas apa tidak, karena saya tidak bisa melihat foto clear-nya, kan,” ujar Gono saat dihubungi wartawan, Senin (23/4/2018) malam.

Dikutip dari Detikcom, berat badan Bonita disebut Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mencapai 82 kilogram. Dengan usianya sekitar lima tahun, berat badan itu dianggap tak ideal, dimana yang wajar kisaran 50-60 kg. Namun Gono lagi-lagi punya pendapat sendiri soal yang satu ini.

“Begini, sebenarnya masalah berat itu relatifnya itu kan kepada ukuran badan, umur kedewasaan, tapi pada intinya tidak ada yang menyebut dia kurus. Ya pada akhirnya dia kecukupan sumber gizi,” ucap Gono.

Bonita diketahui cukup lama hidup di daerah konflik dengan manusia. Menurut Gono predator puncak dalam rantai makanan ini bisa memangsa satwa yang ada di sekitaran perkebunan dengan mudah, seperti ternak warga.

Selain obesitas tersebut, Bonita sebelumnya diberitakan menderita tumor di sekujur tubuhnya.

Hal ini terungkap setelah hewan langka yang dilindungi negara itu diperiksa setelah tiba di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, pada Sabtu (21/4/2018) lalu.

Dokter hewan (drh) Andita Septiandini yang melakukan pemeriksaan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan operasi pengangkatan satu tumor dari bagian perut Bonita, namun masih ada yang lainnya.

“Kemarin sudah kita lakukan operasi tumor di bagian perut kanan satu biji. Tapi, teridentifikasi ada beberapa. Ada lebih dari satu tumor. Itu di seluruh badan,” ujar drh Dita.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: