26 May 2017
Home / News / Nasional / BIN larang pegawai berjenggot, ini alasannya

BIN larang pegawai berjenggot, ini alasannya


Jakarta (RiauNews.com) – Badan Intelijen Negara (BIN) baru saja mengeluarkan surat edaran mengenai tata tertib pegawai. Salah satunya adalah melarang pegawainya untuk memelihara jenggot dan mengenakan celana cingkrang (di atas mata kaki).

Menurut Dawan Salyan selaku Juru Bicara, BIN memiliki kode etik yang harus ditaati oleh seluruh anggota. Namun mengenai aturan larangan memeliharan jenggot dan celana cingkrang tersebut terbatas hanya bagi pegawai yang berada di lingkungan kantor.

“Tetapi ada hal khusus yang diterapkan di Markas Besar BIN, di lingkungan ini saja, di lingkungan kantor,” ujarnya di Jakarta, Kamis (18/5/2017) yang dilansir laman Republika.

Dawan menjelaskan, tidak seluruh anggota BIN diwajibkan untuk melaksanakan edaran tersebut. Akan tetapi, edaran tersebut berlaku untuk pegawai BIN yang bertugas di dalam kantor BIN. Jika pegawai BIN yang bertugas di luar kantor, maka tidak diwajibkan melaksanakan larangan tersebut.

“Kalau yang bertugas di luar itu silakan (memelihara Jenggot, berambut panjang, bercelana cingkrang), di kantor kami di dalam itu tidak diperkenankan, kalau yang bertugas di luar tidak masalah,” ujarnya.

Peraturan larangan berjenggot, berambut panjang dan bercelana cingrkrang, kata dia, merupakan aturan yang berkaitan dengan aspek estetika. “Karena berkaitan dengan tadi (estetika), kerapian kedisiplinan, gitu,” ujarnya.

Sebelumnya, surat edaran di kalangan internal BIN tersebar di media sosial. Isi edaran tersebut menegaskan larangan pegawai BIN memelihara jenggot dan rambut panjang, serta memakai celana cingkrang. ***

Baca Juga

Terkait bom Kampung Melayu, Kapolda Riau perintahkan personel tingkatkan kewaspadaan

Pekanbaru (RiauNews.com) – Peristiwa bom di Kampung Melayu, Jakarta pada Rabu (24/5/2017) yang menewaskan tiga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *