Home / News / Kesehatan / Tahukah anda, biaya deteksi dini kanker serviks ditanggung BPJS

Tahukah anda, biaya deteksi dini kanker serviks ditanggung BPJS

Ilustrasi perkembangan kanker serviks.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kanker leher rahim alias kanker serviks kini kembali “naik daun” di Tanah Air, pasca meninggalnya Julia Perez, artis yang selama berbulan-bulan di rawat di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, namun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (10/6/2017) pagi.

Terkait hal itu, pihak Kementrian Kesehatan telah menganjurkan masyarakat, untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap kanker serviks dan payudara, dua jenis kanker yang banyak mengancam perempuan Indonesia.

Menurut Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Kemenkes Oscar Primadi deteksi dini kanker leher rahim dilaksanakan dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan tindak lanjut dini dengan krioterapi jika ditemukan IVA positif. Sedangkan deteksi dini kanker payudara dengan metode pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS).

Oscar juga menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena biaya deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks (tes IVA) di Puskesmas sudah masuk dalam pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Pasien kanker harus mendapat pengobatan yang tepat dan tidak boleh melewatkan fase emas pengobatan. Namun seringkali masyarakat yang terdiagnosis kanker pada fase awal, justru tergoda dengan iklan pengobatan alternatif yang belum terkonfirmasi kebenarananya secara klinis yang ada di berbagai media.

“Kita perlu mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan meneliti dampak lain yang ditimbulkan. Iklan yang jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut, akan berdampak buruk dan menimbulkan kerugian, bahkan bisa membahayakan karena pasien kehilangan fase emas pengobatannya dan menjadi tidak terselamatkan,” ucap Oscar. ***

Baca Juga

Ternyata belum ada vaksin difteri yang mendapat sertifikat halal MUI

Jakarta (RiauNews.com) – Hingga saat ini, Majelis Ulama Indonesia belum pernah menerima pendaftaran dan permintaan ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: