Home / News / Kesehatan / Siapa sangka melinjo juga bisa dinikmati penderita asam urat

Siapa sangka melinjo juga bisa dinikmati penderita asam urat

Buah dan daun melinjo.

RiauNews.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, melinjo. Jenis tanaman yang biji bisa diolah menjadi kerupuk dan juga bisa dijadikan sebagai bahan sayuran bersama dengan daunnya.

Akan tetapi, melinjo juga menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat, karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Baca: Ternyata nyamuk lebih suka darah O

Makanan berkadar purin tinggi itulah yang bisa mengakibatkan kadar asam urat meninggi, karena penumpukan zat purin yang mengkristal hingga mengakibatkan rasa nyeri dan sakit pada persendian.

Dikutip dari laman Halloviva.com, ternyata siapa sangka ternyata ada pula bagian dari tanaman melinjo yang justru baik untuk asam urat. Yaitu pada kulit melinjo yang ternyata bisa berkhasiat untuk mengurangi efek dari mengonsumsi biji melinjo. Jika biji melinjo dapat mengakibatkan asam urat meninggi, sebaliknya pada kulit melinjo bisa mencegah asam urat.

Baca: Ilmuwan kembangan metode penyembuhan kanker darah

Selain mencegah asam urat, kulit melinjo juga memiliki gizi baik bagi kesehatan karena kandungan gizinya yang cukup lengkap. Meliputi protein, karbohidrat, kalori, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C.

Di dalam setiap 100 mg kulit melinjo terkandung energi sebesar 111 kkal, 1,1 gram lemak, 4,5 gram protein, 117 mg kalsium, 2,6 mg zat besi, 179 mg fosfor, 0,07 mg vitamin B1 dan 7 mg vitamin C.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalam melinjo ini, menjadikan kulit melinjo cukup baik dikonsumsi.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: