23 Januari 2018
Home / News / Kesehatan / Khusus wanita, buang air kecil sebelum bercinta bisa tingkatkan risiko ISK

Khusus wanita, buang air kecil sebelum bercinta bisa tingkatkan risiko ISK

Pekanbaru (RiauNews.com) – Bagi sebagian wanita, buang air kecil alias berkemih jelang bercinta dengan sang suami sudah merupakan suatu kebiasaan. Namun tahukah anda, bahwa kebiasaan ini ternyata meningkatkan risiko mengalami infeksi saluran kemih (ISK).

Hal ini dipaparkan David Kaufman, seorang urolog dari New York, berbicara kepada Yahoo Health mengenai mengusir mitos yang membahayakan bagi wanita.

“Buang air kecil sebelum hubungan seks adalah penyebab nomor satu infeksi saluran kemih pascabercinta, juga dikenal dengan sistitis honeymoon (peradangan di kantong kemih yang sering terjadi saat bulan madu),” ujarnya seperti dikutip Viva.co.id dari laman The Independent.



Dia melanjutkan, bakteri memiliki pilar kecil yang bertindak seperti pengait Velcro, sehingga membuat mereka bisa merekatkan diri ke dinding uretra. Pergi ke kamar kecil setelah bercinta membuat bakteri ini lepas, sehingga mencegahnya bergerak ke dalam kandung kemih.

Meski banyak wanita percaya bahwa lebih praktis untuk buang air kecil sebelum bercinta, tapi ini sebenarnya bisa meningkatkan risiko ISK. Jika Anda menahan kencing, maka Anda menyimpan cukup urine untuk mendorong semua bakteri sesudahnya.

Namun, sejumlah dokter telah memberi wanita instruksi berbeda berkaitan dengan aktivitas kamar mandi wanita praseks.

Profesor obstetrik dan ginekologi di Columbia University College of Physicians and Surgeons, Dr Hilda Hutcherson mengatakan, meski dia tidak menyarankan semua wanita untuk buang air sebelum bercinta, tapi dia meminta wanita untuk buang air baik sebelum maupun sesudah bercinta untuk menurunkan kemungkinan ISK.

ISK bisa menyebabkan rasa sakit di bagian bawah perut, urgensi, dan terkadang demam. Sementara WebMD menyatakan bahwa sebanyak satu dari dua wanita akan mengalami infeksi saluran kemih pada satu waktu dalam hidupnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: