26 September 2018
Home / News / Kesehatan / BAB berwarna hitam, berbahayakah?

BAB berwarna hitam, berbahayakah?

(ilustrasi)

RiauNews.com – Pada umumnya, tinja manusia saat buang air besar (BAB) berwarna kuning atau orange kecoklat-coklatan. Akan tetapi apa yang terjadi jika suatu hari anda mengintip dan melihat kotoran berwarna hitam? Mungkin ada kekhawatiran, mungkin juga ada sedikit penjelasan yang menakutkan.

Lalu bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi. Apakah saya memakan sesuatu yang salah? Kotoran hitam bukan berarti sedang tidak sehat. Tapi hal itu juga bukan sesuatu untuk ditebak atau diabaikan. Ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter.



Seperti yang dilansir dari Mindbodygreen, makanan, suplemen tertentu, dan obat-obatan dapat menyebabkan tinja hitam. Penyebab lain dari tinja hitam termasuk suplemen zat besi, baik yang berdiri sendiri atau bagian dari multivitamin, dan Pepto Bismol. Tetapi jika alasan di atas tidak ada yang dimakan, perlu untuk mengambil langkah berikutnya.

Penting untuk berbicara dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran tentang warna tinja. Jika Anda melihat tinja hitam, konsultasi dan pengujian diperlukan untuk memahami apakah ada masalah yang menyebabkan kotoran tampak hitam.

Alasa kotoran hitam dapat berarti sesuatu yang kecil atau besar terjadi pada usus Anda. Ada baiknya Anda mengikuti saran dokter untuk mengetahui dengan pasti apa yang terjadi.

Segala sesuatu dari darah dan masalah peredaran darah hingga perdarahan varises akut, gangguan usus hingga bisul, polip, dan kemungkinan kanker usus besar bisa jadi adalah alasan mengapa kotoran anda hitam. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: