Home / News / Internasional / Warga Madrid tuntut Puigdemont dipenjarakan

Warga Madrid tuntut Puigdemont dipenjarakan

Carles Puigdemont.

Madrid (RiauNews.com) – Jika di Barcelona terjadi unjukrasa tuntut kemerdekaan Catalonia dari Spanyol, lain halnya yang terjadi di ibu kota, Madrid.

Pada Sabtu (28/10/2017), ribuan orang berkumpul di pusat kota berdemonstrasi sambil mengibarkan bendera Spanyol berukuran raksas,a dalam kemarahan terhadap deklarasi kemerdekaan sepihak Catalonia di bawah pimpinan separatis Carles Puigdemont.

Teriakan “Penjara untuk Puigdemont” bergema di seantero jalanan kota.



Ketidaksenangan terhadap upaya pemisahan diri Catalonia juga membuat banyak orang menyalahkan Perdana Menteri Mariano Rajoy, yang mereka anggap terlalu lunak terhadap pemimpin separatis di wilayah itu.

“Yang terjadi di Catalonia adalah aib, dan yang terjadi setelahnya juga memalukan,” kata Carlos Fernandez, salah seorang peserta aksi yang diwawancari Reuters.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebagai reaksi atas yang terjadi di wilayah yang terletak di timur laut Spanyol tersebut, Rajoy membalasnya dengan memecat Puigdemont dan eksekutifnya, membubarkan parlemen dan menyerukan pemilu regional cepat pada 21 Desember untuk membatalkan apa yang dia sebut sebagai “eskalasi pembangkangan”.

“Hari ini, kami semua berkumpul untuk menunjukkan kesatuan kami, untuk menyatakan bahwa kami akan mendapatkan kembali Catalonia,” kata seorang pembawa acara di hadapan massa.

“Kami tidak akan berhenti sampai melihat mereka di dalam penjara,” tambah dia tentang seruan pemenjaraan Puigdemont.

Jaksa Spanyol mengumumkan bahwa pekan depan mereka akan mengajukan tuduhan “pemberontakan” terhadap Puigdemont — kejahatan yang bisa kena hukuman hingga 30 tahun penjara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: