23 Januari 2018
Home / News / Internasional / Vietnam bersiap hadapi Badai Tembin

Vietnam bersiap hadapi Badai Tembin

Jalur Badai Tembin dari Philipina ke Vietnam. (Peta: Google Maps)

Hanoi (RiauNews.com) – Setelah menerjang Philipina pada Jumat (22/12/2017), yang mengakibatkan setidaknya 200 korban jiwa melayang dan puluhan ribu warga kehilangan tempat tinggal karena banjir dan tanah longsor, badai tropis Tembin masih memiliki tenaga kuat, dan kini mengarah ke Vietnam.

Pemerintah Vietman tengah melakukan evakuasi warga di kawasan selatan sebagai langkah antisipasi kedatangan Badai Tembin, yang diperkirakan akan menghujam kawasan tersebut pada Senin (25/12/2017) malam waktu setempat.

Komite Penanggulangan Bencana Vietnam sedikitnya telah memindahkan sekitar 74 ribu warga dari kawasan rawan bencana. Termasuk penduduk yang tinggal di dataran rendah dan pesisir pantai selatan diungsikan ke daerah yang lebih aman.



Kendati, pemerintah daerah di 15 provinsi mengungkapkan masih harus memindahkan sekitar 1 juta warga dari daerah rawan, mereka juga diperintahkan untuk mengamankan kilang minyak dan kapal yang berada di perairan.

“Vietnam harus memastikan keselamatan kilang minyak dan kapal. Jika perlu menutup tambang dan mengevakuasi para pekerja,” kata Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dilansir Reuters, Senin (25/12).

Menghadapi terjangan badai Tembin, pemerintah juga mengeluarkan larangan kepada sekitar 62 ribu kapal nelayan untuk melaut. Otoritas juga meliburkan sekolah dan pusat perdagangan di kawasan selatan kota Ho Chi Minh.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: