Home / News / Internasional / Upaya Catalonia untuk merdeka ditanggapi dingin Uni Eropa

Upaya Catalonia untuk merdeka ditanggapi dingin Uni Eropa

Unjuk rasa menuntut pemisahan Catalonia dari Spanyol. (Kredit Foto: Reuters)

Brussels (RiauNews.com) – Upaya negara bagian Catalonia atau Katalan untuk memisahkan diri dari Spanyol, tampaknya menemui jalan buntu. Selain referendum yang dilakukan dianggap ilegal oleh pemerintah pusat Spanyol, negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa juga enggan membahas masalah tersebut dalam KTT yang sedang berlangsung saat ini.

“Itu bukan agenda kami,” kata Presiden Dewan Eropa Donald Tusk kepada wartawan dalam KTT Uni Eropa. “Kami semua punya emosi, pandangan dan penaksiran sendiri-sendiri, tetapi berbicara resmi mengenai hal itu tidak ada ruang untuk intervensi Uni Eropa.”

Sementara itu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, menyatakan hal tersebut hanyalah masalah dalam negeri Spanyol. Pihaknya takkan ikut campur dan menolak untuk menjadi penengah.



Sikap yang sama juga diperlihatkan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Dia malah menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy di sela KTT itu.

“Dia (Macron) menaruh kepercayaan penuh kepada Rajoy dalam menyelesaikan situasi itu,” kata seorang diplomat Prancis kepada Reuters.

Pendekatan Uni Eropa terhadap upaya merdeka Catalonia ini sangat bertolak belakang terhadap hampir semua isu besar lainnya selama dekade terakhir, termasuk dalam krisis keuangan Yunani dan arus migrasi massal dari Suriah. Pada banyak kesempatan, para pemimpin Eropa kerap menggelar rapat sampai tengah malam untuk menghasilkan keputusan bersama atau pernyataan politik bersama.

“Tak banyak keuntungan yang didapat dari mendukung Barcelona (ibukota Catalonia), sebaliknya banyak sekali kerugian yang didapat dari Madrid yang marah,” kata seorang diplomat senior Uni Eropa seperti dikutip Reuters.*** (antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: