21 November 2018
Home / News / Internasional / Perancis dan Inggris dukung Amerika gempur Suriah

Perancis dan Inggris dukung Amerika gempur Suriah

Bangunan di kota-kota Suriah banyak yang hancur selama perang saudara. (Kredit: Reuters)

Washington (RiauNews.com) – Presiden Amerika Serikat Donald Trump tampaknya tak main-main dengan ancaman yang dilontarkannya beberapa hari lalu, bahwa pihaknya akan melakukan penyerangan ke sejumlah titik di Suriah.

Pada Jumat (14/4/2018), Trump telah memberikan komando kepada angkatan bersenjatanya untuk mulai bergerak menuju sasaran, guna menghancurkan sejumlah fasilitas yang dianggap sebagai tempat pembuatan senjata kimia di Suriah.



“Saya baru saja memerintahkan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat untuk melakukan serangan secara tepat terhadap target-target yang berhubungan dengan kemampuan senjata kimia diktator Suriah Bashar al-Assad,” kata Trump dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih.

Trump mengatakan bahwa pihaknya mendapat dukungan dari sekutu dekat, yakni Perancis dan Inggris yang ikut bergabung dalam operasi tersebut.

Presiden yang kerap bercuit di Twitter ini beralasan, serangan tersebut sebagai upaya pencegahan kuat terhadap produksi, penyebaran dan penggunaan senjata kimia.

“Ini bukan aksi manusia. Ini adalah aksi kejahatan yang dilakukan oleh monster,” kilahnya. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: