16 November 2018
Home / News / Internasional / Menlu AS tolak jadi tuan rumah jamuan Ramadan

Menlu AS tolak jadi tuan rumah jamuan Ramadan

Rex Tillerson.

Washington (RiauNews.com) – Tradisi yang sudah berjalan hampir 20 tahun di Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat, yakni menjadi tuan rumah dalam acara yang menandai bulan suci Ramadhan, dihentikan oleh Rex Tillerson, yang merupakan Menlu rezim Donald Trump.

Dua pejabat AS yang enggan disebut identitasnya mengatakan menteri yang merupakan mantan petinggi Exxon Mobil tersebut menolak permintaan Kantor Urusan Agama dan Global Departemen Luar Negeri menjadi tuan rumah jamuan makan Idul Fitri.

Berdasarkan memo 6 April yang dilihat Reuters, Kantor Urusan Agama dan Global merekomendasikan Tillerson menggelar resepsi Idul Fitri. Penolakan itu berarti tidak ada rencana jamuan makan resmi Ramadhan di Departemen Luar Negeri.

“Kami masih mencari kemungkinan pilihan saat Idul Fitri. Duta besar AS didorong merayakan Ramadhan melalui beragam kegiatan,” ujar juru bicara departemen luar negeri saat dimintai komentar mengenai penolak Tillerson.

Aktivis Muslim menuduh pemerintahan Donald Trump tidak ramah terhadap Islam. Pemerintah AS mengatakan menolak keras militan Islam, tapi tidak bermusuhan dengan Islam.

Diwartakan laman Republika, sejak 1999 Menlu negeri Paman Sam baik dari Republik maupun Demokrat hampir selalu menjadi tuan rumah buka puasa bersama saat Ramadhan atau jamuan Idul Fitri.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: