21 Oktober 2018
Home / News / Internasional / Lima negara putuskan diplomatik dengan Qatar

Lima negara putuskan diplomatik dengan Qatar

Peta negara Qatar yang terletak di Semenanjung Arab.

Kairo (RiauNews.com) – Mesir dan empat negara Arab, masing-masing Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Yaman, memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, dengan alasan negara kaya di Teluk Arab itu mendukung terorisme Ikhwanul Muslimin maupun Iran, Selasa (6/6/2017).

Dan, sebagai salah satu dampaknya, negara-negara tersebut menangguhkan untuk sementara penerbangan ke dan dari Qatar, termasuk memboikot maskapai Qatar Airlines.

Qatar Airlines

Seperti yang dilakukan Mesir, negara di Benua Afrika tersebut menghentikan semua penerbangan antara Mesir dan Qatar yang berlaku mulai Selasa pukul 04.00 GMT (11.00 WIB).

“Keputusan ini  akan berlanjut sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Kementerian Penerbangan Mesir dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu, yang dikeluarkan pada Senin, juga menyebut bahwa pesawat Qatar tidak akan bisa melintas ke jalur udara Mesir atau mendarat di teritorialnya.

Enam maskapai penerbangan dari UEA dan Arab Saudi menangguhkan penerbangan dari dan ke Qatar.

EgyptAir menyusul langkah tersebut, mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa “penangguhan penerbangan yang menghubungkan Kairo dengan Doha, mulai Selasa, sampai pemberitahuan lebih lanjut,” demikian AFP.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: