25 Februari 2018
Home / News / Internasional / Korban kebakaran hutan di Portugal menjadi 57 orang

Korban kebakaran hutan di Portugal menjadi 57 orang

Api yang menghanguskan hutan di pegunungan Pedrogao Grande, Portugasl. (Kredit Foto: Sky News)

Lisbon (RiauNews.com) – Jumlah korban jiwa akibat kebakaran hebat yang terjadi di daerah pegunungan Pedrogao Grande, sekitar 200 kilometer timur laut Lisbon, meningkat menjadi 57 jiwa. Ini menjadikannya sebagai peristiwa kebakaran paling mematikan di Portugal.

Jumlah korban tewas yang diumumkan oleh Sekretaris Negara Bagian Untuk Urusan Dalam Negeri Jorge Gomes, meningkat dari awalnya 19 orang yang diumumkan Sabtu (17/6) malam. Gomes mengatakan sebagian besar korban terperangkap di kendaraan mereka di jalan.

“Sementara 59 orang lainnya telah terluka dan dibawa ke rumah sakit, termasuk lima orang dalam kondisi serius,” sebut Gomes.

Kebakaran pada hari Sabtu itu terjadi di tengah gelombang panas yang intens dan badai petir yang tak berujung hujan. Polisi mengatakan petir yang telah menyambar pohon mungkin menyebabkan kebakaran.

Kantor berita Spanyol EFE melaporkan, ratusan petugas pemadam kebakaran masih memerangi api pada hari Ahad (18/6) pagi. Pesawat pemadam kebakaran bantuan telah dikirim dari Prancis dan Spanyol, kata komisaris bantuan kemanusiaan Uni Eropa Christos Stylianides.

“Asap asap sangat rendah, yang tidak memungkinkan helikopter dan pesawat pemadam kebakaran bekerja secara efisien … tapi kami melakukan segala kemungkinan dan tidak mungkin memadamkan api ini,” kata Gomes.

Presiden Marcelo Rebelo de Sousa mengunjungi lokasi tragedi tersebut pada malam hari dan kemudian menyampaikan rasa duka cita.

Tayangan televisi menunjukkan ratusan penduduk setempat dirawat karena keracunan asap di tenda layanan darurat yang didirikan di daerah tersebut. Banyak yang kehilangan rumah mereka dipindahkan ke tempat penampungan sementara. Sementara itu jalan raya yang ada di daerah tersebut ditutup demi keamanan.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: