22 September 2018
Home / News / Internasional / Israel puji Donald Trump pembuat sejarah

Israel puji Donald Trump pembuat sejarah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenakan topi khas kaum Yahudi saat mengunjungi Tembok Ratapan di Yerusalem, jelang pemindahan Kedubes mereka. (Kredit: Reuters)

Yerusalem (RiauNews.com) – Di tengah pembantaian yang dilakukan tentaranya kepada warga Palestina, para petinggi Israel bertepuk tangan atas peresmian pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, Senin (14/5/2018).

Israel merayakan langkah Presiden Trump meresmikan kedutaan baru di Yerusalem. Pemerintahan-pemerintahan sebelumnya di Washington, seperti pemerintah sebagian besar sekutu Amerika, tidak bersedia melakukan pemindahan itu. Mereka bersikeras bahwa status Yerusalem perlu diselesaikan dalam perjanjian damai dengan Palestina.



Dalam rekaman pesan video yang diputar kepada sekitar 800 orang yang berkumpul di kedutaan baru, Trump mengatakan Amerika Serikat “tetap berkomitmen penuh untuk memfasilitasi perjanjian perdamaian yang langgeng.”

Dalam pidato di upacara tersebut, Jared Kushner, menantu laki-laki Trump, juga berbicara tentang resolusi untuk beberapa generasi konflik. “Ketika ada perdamaian di wilayah ini, kita akan melihat kembali pada hari ini dan akan ingat bahwa perjalanan menuju perdamaian dimulai dengan Amerika yang kuat mengakui kebenaran,” katanya.

Tetapi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terdengar lebih menang dan menentang daripada damai.”Sungguh hari yang luar biasa,” kata Netanyahu bersukaria. Ingat momen ini! Ini sejarah! Presiden Trump, dengan mengakui sejarah, Anda telah membuat sejarah. Kami berada di Yerusalem dan kami di sini untuk tinggal.”

“Kami di sini di Yerusalem dilindungi oleh tentara-tentara besar tentara Israel dan tentara pemberani kami melindungi perbatasan Israel seperti yang kita bicarakan hari ini,” ujarnya lebih lanjut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: