18 Agustus 2018
Home / News / Internasional / Inggris tak akui kemerdekaan Catalonia

Inggris tak akui kemerdekaan Catalonia

Perdana Menteri Inggris Theresa May.

London (RiauNews.com) – Setelah Uni Eropa menolak untuk memberikan dukungan atas “proklamasi” kemerdekaan Catalonia, kini giliriran Inggris yang juga tak mengakui pemisahan wilayah termakmur itu dari Spanyol.

Juru bicara kantor perdana menteri Inggris dalam pernyataannya kepada pers mengungkapkan, deklarasi itu didasarkan pada pemungutan suara yang sebelumnya telah dinyatakan ilegal oleh pengadilan Spanyol.



“Kerajaan Inggris tidak akan mengakui pernyataan kemerdekaan sepihak yang dilakukan oleh parlemen wilayah Catalonia,” kata juru bicara tersebut.

Tak lama setelah parlemen Catalunya melakukan pemungutan suara untuk mendeklasikan kemerdekaan dari Spanyol, parlemen Spanyol memberikan persetujuan bagi Madrid untuk menerapkan pemerintahan secara langsung terhadap Catalunya.

Sebelum parlemen Catalonia melaksanakan pemungutan suara untuk menyatakan merdeka, warga di negara bagian sebelah timur laut Spanyol itu juga melakukan referendum pada 1 Oktober lalu.

Pengadilan Spanyol juga menyebut referendum tersebut sesuatu yang ilegal, sehingga polisi berusaha membubarkan masa yang menghadiri tempat-tempat pemungutan suara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: