21 Oktober 2018
Home / News / Internasional / Indonesia-Turki pererat kerjasama ekonomi

Indonesia-Turki pererat kerjasama ekonomi

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, saat berkunjung ke negara anak benua Asia tersebut. (Kredit Foto: Reuters)

Ankara (RiauNews.com) – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Turki salah satunya mengupayakan pengurangan atau kalau bisa menghapuskan hambatan dalam perdagangan kedua negara. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, kedua pimpinan tertinggi negara ini sepakat meluncurkan negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Indonesia Turki Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA).

“Kita telah sepakat berupaya mengembalikan tren positif perdagangan dan investasi antara lain melalui negoisasi IT-CEPA,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataan pers bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Kota Ankara, Kamis (6/7/2017), yang dilansir Antara.

Peluncuran negosiasi IT-CEPA dilakukan di Istana Kepresiden Turki, Beyaz Saray atau lazim disebut juga sebagai White Palace, yang berada di pinggiran Kota Ankara.

Peluncuran IT-CEPA disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, setelah pertemuan empat mata mereka di Beyaz Saray.

“Penciptaan iklim investasi yang kondusif,” kata Presiden.

Indonesia juga mendorong investasi Turki terutama di bidang maritim, infrastuktur dan energi, demikian Presiden Jokowi.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: