Home / News / Internasional / Hari ini Presiden AS umukan pengakuan Jerusalem sebagai ibukota Israel

Hari ini Presiden AS umukan pengakuan Jerusalem sebagai ibukota Israel

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Washington (RiauNews.com) – Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu (06/12/2017) pukul 13.00 waktu setempat, dalam pidato di Gedung Putih akan mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Ini sekaligus mengubah drastis kebijakan luar negeri Amerika Serikat dan mengabaikan peringatan keras dari sejumlah negara sekutu di Timur Tengah dan dunia.

“Dia akan mengumumkan bahwa pemerintah Amerika Serikat mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata seorang pejabat pemerintah yang berbicara kepada AFP yang diwartakan Antara, dengan syarat namanya tidak disebut.

“Dia memandang ini sebagai pengakuan realitas, baik realitas sejarah maupun modern,” katanya.

Trump juga akan memerintahkan pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Jerusalem, memperparah sengketa pahit berabad-abad antara umat Yahudi, Islam dan Nasrani.

Namun ia harus menandatangani dekrit agar kedutaan besar Amerika Serikat tetap berada di Tel Aviv untuk sementara waktu dan mungkin hingga bertahun-tahun ke depan.

“Butuh waktu lama untuk mencari tempat, menangani masalah keamanan, merancang fasilitas baru, mendanai fasilitas baru dan membangunnya,” kata pejabat itu.***

Baca Juga

Paus Fransiskus Ingin ubah kalimat dalam Doa Bapa Kami

Vatikan (RiauNews.com) – Doa “Bapa Kami” telah diucapkan beratus-ratus tahun oleh miliaran penganut agama Kristen ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: