22 Januari 2018
Home / News / Internasional / Demi dolar Amerika, Guatemala ikut pindahkan kedutaan ke Yerusalem

Demi dolar Amerika, Guatemala ikut pindahkan kedutaan ke Yerusalem

Presiden Guatemala Jimmy Morales.

Ramallah (RiauNews.com) – Salah satu negara yang mendukung Amerika Serikat mengakui secara sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel adalah Guatemala. Dan, seperti halnya AS yang akan memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv, negara yang berada di Amerika Tengah ini pun mengekor dengan segera memindahkan kedubes mereka ke Yerusalem.

Guatemala mengumumkan pemindahan kedubes mereka pada Ahad (24/12/2017), atau beberapa hari setelah PBB menetapkan bahwa tindakan Amerika Serikat tersebut adalah ilegal.

Kementerian Luar Negeri Palestina pada Senin (25/12) mengecam keputusan “memalukan” negara yang dipimpin Presiden Jimmy Morales ini.



“Ini adalah tindakan memalukan dan ilegal yang sepenuhnya bertentangan dengan keinginan para pemimpin gereja di Yerusalem dan melanggar resolusi Majelis Umum PBB yang mengecam langkah AS,” demikian pernyataan kementerian menanggapi keputusan Guatemala.

Kementerian menyatakan bahwa Negara Palestina menganggap keputusan itu sebagai tindakan permusuhan yang jelas terhadap hak-hak warga Palestina dan pelanggaran terhadap hukum internasional.

Sebagian pengamat melihat keputusan Guatemala tak terlepas dari ketakutan mereka kehilangan bantuan jutaan dolar dari Amerika Serikat, sebagaimana ancaman yang dikeluarkan Presiden Donald Trump jelang sidang darurat Majelis Umum PBB.

Saat itu, Trump menyebut bahwa pihaknya akan mencatat nama-nama negara yang menolak keputusan mereka, dan akan menghentikan bantuan yang selama ini diberikan kepada negara tersebut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: