Home / News / Internasional / Cool habis, polisi Dubai pakai motor terbang buat patroli

Cool habis, polisi Dubai pakai motor terbang buat patroli

Polisi Dubai mengendarai motor terbang Hoversurf Scorpion 3 Hoverbike. (Foto: 100KPJ)

Dubai (RiauNews.com) – Di Dubai, Uni Emirates Arab, terdapat banyak hal yang menakjubkan. Setelah sempat dihebohkan dengan aksi Dubai Police Force yang memilih Buggati Veyrons sebagai mobil patroli, kini mereka, melalui departemen Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, membawa ketakjuban baru, dengan menghadirkan motor terbang yang bakal digunakan sebagai tunggangan patroli harian.

Melansir laman IBtimes, Jumat (3/5/2019), motor tanpa roda itu memiliki nama Hoversurf Scorpion 3 Hoverbike, atau disingkat S3. Meski mengusung fitur pesawat terbang dengan metode vertical take-off and landing (eVTOL), namun tunggangan melayang tersebut masih menganut tampilan motor terestrial, hanya saja tanpa roda.

Sebenarnya Hoversurf, perusahaan asal Rusia yang mengembangkan eVTOL telah menjalin kerjasama dengan Kepolisian Dubai sejak 2017 lalu. Namun, karena saat itu produk masih dalam tahap percobaan, pihak konsumen masih menyimpan ragu, sehingga harus menunda kesepakatan hingga dua tahun berselang.

Motor terbang Hoversurf Scorpion 3 Hoverbike milik kepolisian Dubai saat didemonstrasikan. (Foto: 100KPJ)

Secara teknis S3 merupakan pesawat dengan satu dudukan yang menggabungkan kursi sepeda motor dengan teknologi quadcopter drone. Kombinasi itu menghasilkan kecepatan, kelincahan, serta stabilitas tinggi selama penerbangan. Pihak produsen mengklaim, kalangan amatir pun bisa menerbangkan motor tanpa kesulitan.

Brigadir Khalid Nasser Alrazooqi, selaku Direktur Umum Departemen Artificial Intelligence Kepolisian Dubai menyatakan, unit S3 yang telah tersedia akan digunakan untuk mengakses titik daerah yang sulit dijangkau.

“Saat ini kami memiliki dua kru yang sudah berlatih menunggangi motor terbang, dan sedang dalam proses meningkatkan jumlahnya,” kata Khalid.

Meski sementara waktu moda udara itu hanya dipasarkan untuk kalangan sipil, namun berikutnya Hoversurf akan menjualnya secara global, ke semua kalangan. Bahkan kabarnya, saat ini mereka sudah membuka keran pemesanan. Siapapun yang ingin memilikinya, harus membayar $150 ribu atau setara dengan Rp2,15 miliar.***[100KPJ]

Komentar
%d blogger menyukai ini: