Home / News / Internasional / Arab Saudi tujuan pertama Trump saat lawatan ke luar negeri sebagai Presiden AS

Arab Saudi tujuan pertama Trump saat lawatan ke luar negeri sebagai Presiden AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Washington (RiauNews.com) – Sejak dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari 2017 lalu, Donald Trump akhirnya memulai kunjungan luar negeri pertamanya sebagai presiden pada Jumat (19/5/2017) waktu setempat.

Trump dan istrinya Melania terbang menggunakan Air Force One untuk mengunjungi enam tempat yang meliputi Arab Saudi, Israel, teritorial Palestina, Vatikan, Brussel dan Sisilia menurut warta kantor berita AFP.

Rencananya, lawatan Trump tersebut akan berlangsung hingga 4 Mei mendatang.

“Kunjungan luar negeri pertama saya sebagai presiden Amerika Serikat adalah ke Arab Saudi, lalu Israel dan kemudian ke sebuah tempat yang sangat disukai kardinal-kardinal saya, Roma,” kata Trump saat mengumumkan rencana lawatannya.

Para ajudannya menggambarkan keputusan untuk mengunjungi Arab Saudi terlebih dahulu sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan dengan dunia Muslim.

Di sana, Trump akan menemui para pemimpin di Teluk Arab dan Timur Tengah dengan harapan bisa mengekang kelompok teror dan pertumbuhan pengaruh regional Iran.

“Arab Saudi adalah penjaga dua tempat paling suci umat Islam,” kata Trump, yang sering dituduh memicu Islamophobia.

Trump mengatakan di Arab Saudi dia akan “mulai membangun fondasi baru kerja sama dan dukungan dengan sekutu-sekutu Muslim AS untuk memerangi ekstremisme, terorisme, dan kekerasan”.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: