20 September 2018
Home / News / Internasional / Angka kelahiran di AS terus merosot

Angka kelahiran di AS terus merosot

(Kredit: Baby Bjorn)

Washington (RiauNews.com) – National Center for Health Statistics, US Centers for Disease Control and Prevention, mengeluarkan laporan pada 2017 jumlah kelahiran di Amerika Serikat hanya 3,85 juta atau turun dua persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ini adalah penurunan tiga tahun berturut-turut, sekaligus yang terendah dalam beberapa dasawarsa terakhir.



Seperti dikutip Riaunews.com dari Republika, penurunan itu terjadi karena hampir semua kelompok usia perempuan, di mana perempuan berumur 40 tahun melahirkan lebih sedikit bayi.

Sementara itu, seluruh angka kesuburan turut merosot tiga persen jadi 1,76 kelahiran per seorang perempuan tahun lalu. Ini merupakan tingkat paling rendah sejak 1978.

Ekonom khawatir penyusutan jumlah bayi yang baru lahir dapat memiliki pengaruh besar pada perekonomian AS.

“Demografi memiliki dampak yang sangat kuat pada ekonomi,” kata ekonom di perusahaan konsultan Oxford Economics, Kathy Bostjancic, kepada Associated Press dilansir Xinhua-Oana.

Sekitar 10 tahun lalu, jumlah orang Amerika yang bekerja atau mencari kerja naik satu persen setiap tahun. “Dengan penurunan angka kelahiran, jumlah tersebut mengalami jatuh ke sekitar 0,3 persen angka pertumbuhan,” katanya.

Itu pada dasarnya menjadi penghambat 0,7 persen pada angka pertumbuhan yang telah lama berlangsung di AS. Namun sisi baiknya, angka kelahiran oleh ibu remaja yang berusia 15 sampai 19 tahun turun tujuh persen dibandingkan tahun lalu menjadi 18,8 kelahiran per 1.000 perempuan.

Ini merupakan catatan terendah bagi kelompok usia itu. Sejak 2007, angka kelahiran bagi ibu remaja mencatat penurunan total 55 persen, kata laporan tersebut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: