Home / News / Internasional / Alpukat California terkontaminasi bakteri

Alpukat California terkontaminasi bakteri

Buah alpukat.

California (RiauNews.com) – Alpukat California yang dipasarkan di toko-toko eceran di enam negara bagian di Amerika Serikat (AS) ditarik dari peredaran. Distributor alpukat Henry Avocado Corporation menarik alpukat itu lantaran diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Hasil pemeriksaan tes lingkungan menunjukkan alpukat itu positif mengandung bakteri.

“Henry Avocado mengeluarkan penarikan sukarela karena hasil tes positif pada sampel lingkungan yang diambil selama inspeksi rutin pemerintah di fasilitas pengemasan California,” pernyataan perusahaan itu, dikutip dari CNN.

Baca: Lima jenis minuman ini tak baik bagi kesehatan jika berlebihan

Sejauh ini, masih belum ada penyakit yang dilaporkan terkait bakteri jahat di alpukat tersebut.

Produk yang ditarik meliputi buah albukat konvensional dan organik California. Buah ini dikemasi di Henry Avocado Corporation di California dan didistribusikan ke enam negara bagian di AS yakni Arizona, California, Florida, New Hampshire, Carolina Utara, dan Wisconsin.

Henry Avocado juga meminta konsumen yang sudah membeli alpukat itu untuk membuang atau mengembalikan produk itu ke tempat mereka membelinya.

Bakteri Listeria dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Bakteri ini dapat berbahaya bagi ibu hamil dengan menyebabkan keguguran, lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi yang mengancam jiwa baru lahir.

Baca: Hati-hati, celana jeans berpengaruh pada kesehatan Mr P

Selain ibu hamil, bakteri ini juga rentan pada orang tua dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyakit listeriosis ditandai dengan gejala seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, dan kehilangan keseimbangan. Orang yang terinfeksi juga dapat mengalami diare dan gejala gastrointestinal lainnya, serta kejang-kejang.

Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik.***[CNN]

Komentar
%d blogger menyukai ini: