20 Oktober 2018
Home / News / Bisnis / Wow, kopi ini harganya Rp60 juta perkilo

Wow, kopi ini harganya Rp60 juta perkilo

Kopi yang berasal dari kotoran luwak.

Bandung (RiauNews.com) – Kopi luwak memang terkenal dengan harganya yang mahal, namun tahukah anda ternyata ada kopi asal Indonesia yang harganya mencapai puluhan juta perkilogram!

Menurut Pembina Asosiasi Coffee Specialty Indonesia, Setra Yuhana, kopi termahal di Indonesia dihasilkan di Pulau Bali, yakni “kopi luwak hutan bercinta” yang harga jualnya menembus Rp60 juta perkilo.



Hal tersebut diungkapkannya di sela-sela acara Pelatihan Kewirausahaan Kopi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Bandung, Jumat (13/10/2017).

Setra mengatakan kopi luwak tersebut dihasilkan luwak yang sedang kawin. “Jadi ada kopi luwak biasa yang dikandangkan, lalu kopi luwak hutan, dan yang ketiga kopi luwak bercinta,” katanya sebagaimana dilansir laman Republika.

Luwak saat memakan biji kopi.

Menurut dia, saat sepasang luwak jantan dan betina kawin maka dia bisa mengeluarkan aroma wangi hingga radius 100 meter. Saat mereka kawin dan mengeluarkan aroma wangi itu maka dia makan biji kopinya lalu dikeluarkan dan lain itu rasanya.

Setra mengatakan jenis kopi ini diminati oleh kalangan terbatas, yakni dari kalangan ekonomi atas.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: