Home / News / Bisnis / Tanggapi melemahnya rupiah, Presiden: Negara lain juga

Tanggapi melemahnya rupiah, Presiden: Negara lain juga

Presiden Joko Widodo.

Rokan Hilir (RiauNews.com) – Rupiah saat ini terur tertekan terhadap mata uang dolar Amerika Serikat. Saat ini, nilai tukar rupiah sudah mencapai Rp14.043 per dolar AS.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tekanan tidak hanya terjadi pada rupiah, tapi juga pada mata uang negara lain.



“Semua negara ini mengalami hal yang sama. Kita terus (komunikasi) bahkan sebelum saya berangkat ke sini (Riau) pun komunikasi (dengan Bank Indonesia),” kata Jokowi saat meresmikan peremajaan kelapa sawit di Rokan Hilir, Riau, Rabu (9/5/2018).

Di sisi lain, Jokowi menambahkan, pelemahan rupiah pun sebenarnya memberikan keuntungan bagi Indonesia. Salah satunya adalah industri kelapa sawit yang menyumbang devisa cukup besar dengan ekspor yang dilakukan. Semakin banyak eskpor dengan nilai mata uang rupiah sekarang maka semakin banyak penghasilan yang didapat.

Seperti dikuti Riaunews.com dari laman Republika, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, mengatakan, Rupiah depresiasi sebesar 0,40 persen (mtd) pada Senin (7/5).

Depresiasi tersebut lebih baik dari depresiasi mata uang India Rupee, South Africa Zaar, Rusia Rubel dan Turki Lira yang lebih tajam. Tekanan dari eksternal khususnya AS masih dominan mempengaruhi pelemahan di banyak mata uang negara maju dan berkembang.

“Secara perlahan harus dijelaskan bahwa angka depresiasi Rupiah masih wajar, dan sama dengan perkembangan mata uang regional, dan tidak pada level nominal yang kebetulan sudah menembus batas psikologis Rp 14 ribu per dolar AS,” kata Dody.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: