21 November 2018
Home / News / Bisnis / Tak dianjurkan mengisi tabung wiper dengan air dicampur shampo atau sabun

Tak dianjurkan mengisi tabung wiper dengan air dicampur shampo atau sabun

Wiper mobil berfungsi memberisahkan kaca depan mobil dari kotoran atau air hujan.

Riaunews.com – Jika kaca depan mobil terkena kotoran atau air hujan, pengemudi akan menghidupkan wiper. Namun saat kondisi kaca kering, maka dibutuhkan cairan yang berasal dari tabung wiper.

Selama ini, banyak pemilik mobil yang mengisi tabung wiper dengan air sabun atau air ditambah shampo. Ternyata ini tidak dianjurkan, karena dapat merusak kaca, seperti munculnya kerak putih sisa sabun atau jamur.



“Untuk cairan air wiper tidak boleh asal isi. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi kaca mobil berkerak atau berjamur. Disarankan untuk menggunakan air wiper khusus yang bisa dibeli di toko yang menjual peralatan dan aksesoris mobil atau bisa juga membelinya dalam jumlah banyak di dealer resmi untuk stok,” ujar Jonathan seorang teknisi aksesoris di Jakarta yang dikutip iNews.

Baca: Mobil penggerak roda depan atau belakang, mana yang lebih bagus?

Dijelaskan, mengisi cairan yang dicampur sabun atau shampo untuk mengisi air wiper ini tidak disarankan, sebab bisa tambah merusak kaca mobil seperti munculnya kerak putih sisa sabun. Kemudian muncul juga kerak halus pada permukaan kaca dan terakhir karena adanya lapisan kerak pada permukaan kaca mobil membuat jamur menjadi tumbuh subur di sana.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tabung air wiper. Komponen tersebut mempunyai peranan penting yang berfungsi menampung air wiper untuk membersihkan kaca.

Biasanya tabung air wiper terbuat dari plastik bisa menampung sebanyak 3 – 5 liter. Komponen ini kadang mengalami kerusakan, entah karena benturan atau faktor usia.

Adapun tanda-tanda tabung air wiper harus diganti, antara lain cairan pembersih keluar sedikit saat washer diaktifkan, terdapat kebocoran dari bawah mobil atau ketika washer diaktifkan air wiper tidak keluar. Jika mengalami kerusakan atau bocor sebaiknya segera diganti.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: